Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Pacu Jalur Masuk Kalender Pariwisata Nasional

"FPJT merupakan kegiatan seni budaya kearifan lokal yang masuk kalender pariwisata nasional, maka mari kita jaga dan lestarikan," katanya saat membuka FPJT 2018 di Gelanggang Tupian Rajo, Kecamatan Pangean, Sabtu (7/7/2018).

Bupati tiba di lokasi festival didampingi Wakil Bupati Halim, Sekda Dianto Mampanini, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Nasarudin, Ketua Pengadilan Negeri Rengat Darma Indo Damanik dan sejumlah Forkopinda ikut mendampingi.

Ribuan warga sudah memadati Kecamatan Pengean, bahkan ratusan pedagang juga memanfaatkan peluang untuk mengais rezeki selama acara festival dilaksanakan dalam beberapa hari ke depan.

Lokasi penyelenggaraan FPJT disesaki oleh warga yang antusias menyaksikan perlombaan tersebut.

Bupati Kuansing mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menyambut baik dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat Pangean serta panitia penyelenggara atas terlaksananya FPJT di Gelanggang Tupian Rajo ini.

Pacu jalur merupakan tradisi budaya masyarakat yang sudah berumur ratusan tahun, dilaksanakan secara turun-temurun, memiliki fungsi kultural, edukatif, ideologis, nilai-nilai solidaritas sosial dan kekeluargaan serta rasa cinta tanah air.

Menurut Mursini, manfaat inilah yang harus dijaga, dilestarikan dan dibangun secara kokoh dengan menanamkan nilai kearifan lokal sejak dini kepada generasi muda.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/09/091600527/festival-pacu-jalur-masuk-kalender-pariwisata-nasional

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke