Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kuliner di Sekitar Dieng, Cocok buat Kamu Nih...Ada Mi Ongklok!

Sembari menikmati embun beku yang laksana salju di hamparan rerumputan Dieng, kamu bisa sekalian menjajal aneka rupa kuliner khas yang banyak dijajakan di sekitar kawasan Komplek Candi Arjuna.

Berikut ini kuliner yang bisa Kamu nikmati saat berkunjung ke Dieng di musim ‘salju’ ini:

Dieng merupakan salah satu daerah penghasil kentang terbaik di Indonesia! Bahkan, kentang Dieng sudah terkenal sampai ke mancanegara. Konon, kualitas kentang Dieng ini sangat baik. Daya tahannya jauh lebih baik, jika dibandingkan kentang dari daerah lain.

Kadar air kentang dari Dieng rendah. Inilah yang membuat kentang Dieng tidak mudah busuk. Selain itu kandungan karbohidrat dan gulanya juga rendah. Karena itulah, sebagian kentang Dieng ini pun diekspor ke beberapa negara. 

2. Tempe Kemul

Tempe kemul juga memiliki warna kuning yang menggoda lantaran penggunaan kunyit sebagai bumbu, juga terdapat potongan daun-daun kucai yang makin membuat tempe ini terlihat semakin lezat.

Menyantap lezatnya tempe kemul yang khas tentunya bakalan makin nikmat di tengah udara dingin yang berhembus ketika menonton embun es Dieng

3. Menjajal Carica

Bentuk buahnya mirip pepaya, namun ukurannya lebih mini dengan rasa buah yang agak masam dan sedikit kenyal.

Secara taksonomi, tanaman ini memang masih satu  keluarga dengan pepaya. Nama ilmiahnya Carica pubescens. Di Indonesia konon carica  hanya bisa dijumpai di Gunung Dieng.

Di lereng gunung itu pun tidak semua tempat cocok ditumbuhi pohon ini. Semakin ke bawah, semakin sulit tumbuh.

Itulah kenapa, jika datang ke Dieng Kamu tidak boleh melewatkan makanan dari ‘pepaya mini’ Dieng ini.

4. Belanja Dodol Carica

Harga satu pack Carica berkisar sekitar Rp 20.000. Rasanya yang manis, lezat, dan 1 wadah berisi cukup banyak dodol dalam ukuran kecil, membuat makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh alternatif selain manisan carica.

5. Seruput Kopi Purwaceng

Kopi Purwaceng bisa dijumpai di warung-warung yang berderet di Dieng. Purwaceng merupakan tanaman endemik yang ditanam di sela-sela tanam kentang dieng.

Konon kopi ini terkenal sebagai minuman penambah vitalitas pria. Namun sebenarnya, khasiat purwaceng tidak melulu urusan ranjang. Purwaceng berkhasiat menjaga stamina dan menghangatkan badan.

6. Kentalnya Mi Ongklok

Di tengah hawa dingin yang berhembus, mi Ongklok yang disajikan hangat sangat cocok untuk dinikmati ketika udara dingin kuat berhembus saat wisatawan menikmati embun es Dieng.

Harga seporsi Mi Ongklok dijual antara Rp 10.000- Rp 25.000.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/05/170500627/6-kuliner-di-sekitar-dieng-cocok-buat-kamu-nih-ada-mi-ongklok-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke