Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute Menuju Basecamp Gunung Pakuwaja dan Harga Tiketnya

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 2.421 meter di atas permukaan laut.

Namun terdapat satu keunikan di Gunung Pakuwaja, yakni sebuah batu vertikal raksasa setinggi sekitar 50 meter. Batu itu konon merupakan paku Pulau Jawa.

Puncak Gunung Pakuwaja bisa dicapai dari Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja yang berada di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja

Mungkin Gunung Pakuwaja masih belum begitu dikenal oleh kebanyakan pendaki gunung di Indonesia, begitu pula basecamp-nya.

Bagi mereka yang hendak mendaki Gunung Pakuwaja, lokasi basecamp pendakiannya sebenarnya cukup mudah untuk dijangkau. Letaknya ada di Desa Parikesit.

Desa Parikesit berada dekat dengan Basecamp Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng. Jaraknya hanya sekitar 700 meter saja.

Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, maka Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja berada sebelum Basecamp Pendakian Gunung Prau.

Usai gapura bertuliskan Kawasan Dieng Plateau, akan ada sebuah gang di kiri jalan dengan tulisan Gerbang Desaku Parikesit. Ada pula plang penunjuk jalan bertuliskan Selamat Datang di Basecamp Gunung Pakuwaja.

Namun saat KompasTravel berkunjung pada Rabu malam (2/10/2019) lalu, plang penunjuk jalan lepas karena tertiup angin kencang. Beruntung warga setempat memberi tahu arah menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja.

Usai belok kiri ke Desa Parikesit, lokasi basecamp ternyata cukup terpencil dan tidak ada petunjuk jalan lain ke sana.

Sebelum sebuah masjid besar di kiri jalan, ada gang sempit dengan jalan dari paving yang ada di kanan jalan. Itulah jalan menuju Basecamp Pendakian Gunung Pakuwaja.

Meski saat ini cukup membingungkan, tetapi ke depannya pihak basecamp akan menambahkan beberapa plang petunjuk jalan agar pendaki tidak bingung.

Namun jika masih belum ada plang penunjuk jalan, pendaki hendaknya bertanya kepada warga setempat.

Harga tiket pendakian Gunung Pakuwaja

Pendaki Gunung Pakuwaja pun tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiket pendakian gunung ini sangatlah terjangkau.

Saat KompasTravel berkunjung pada Hari Rabu (2/10/2019) lalu, satu orang pendaki Gunung Pakuwaja hanya perlu membayar Rp 10.000 saja. Pendaki juga sudah dilindungi oleh asuransi dengan nominal tersebut.

Sementara jika membawa sepeda motor dan ngecamp di puncak, maka tarif parkir inap adalah Rp 5.000 per motor.

Sepeda motor akan dijaga oleh pihak basecamp saat ditinggal pendaki sehingga keamanannya sudah terjamin.

https://travel.kompas.com/read/2019/10/09/094500227/rute-menuju-basecamp-gunung-pakuwaja-dan-harga-tiketnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke