Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tantangan dan Solusi Desa Wisata Bahari di Pulau-pulau Kecil Indonesia

Program ini menjadi tumpuan pembangunan ekonomi wilayah pesisir yang diklaim punya potensi besar.

Merujuk data Kadin 2015 menunjukkan, potensi ekonomi sektor wilayah pesisir mencapai Rp 670 triliun. Sementara khusus sektor wisata bahari adalah Rp 24 triliun.

Potensi tersebut besar, dan perlu digarap serius. Desa wisata bahari mencoba memberikan stimulus dengan berbagai rencana program, salah satunya bedah kampung yang berkonsep penataan ulang desa di dalam dan luar kawasan konservasi.

Kawasan konservasi yang dimaksud adalah dikelola KKP sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Taman Nasional dan Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN).

Namun, menurut Aryo, program tersebut bukan tanpa tantangan. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Aryo Hanggono mengatakan, tantangan tersebut terkait sosial budaya masyarakat setempat, dalam hal ini kesiapan menerima wisatawan.

"Untuk menanganinya, kami sudah sampaikan agar selama melakukan pengembangan untuk desa wisata bahari, pastikan yang datang tidak hanya insinyur saja, tetapi kalau bisa juga turunkan orang-orang sosiolog atau antropolog," kata Aryo saat ditemui Kompas.com di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Sosiolog merupakan seorang ahli yang memelajari kehidupan sosial, budaya, aktivitas, dan masyarakat berinteraksi sehari-hari. Sementara antropolog merupakan seorang ahli yang memelajari aspek sosiohistoris dan linguistik manusia untuk melihat perkembangan manusia.

Keterlibatan kedua ahli sosial itu sama pentingnya dengan peran seorang insinyur dalam program pembangunan desa wisata bahari. Para ahli bisa pendekatan ke masyarakat lokal agar lebih terbuka menerima wisatawan.

Melalui komunikasi yang efektif, diharapkan terbuka kemungkinan masyarakat lokal terbiasa dengan wisatawan ke depan.

Konsep ini pun serupa dengan melibatkan pakar kewirausahaan yang disebut dapat memberikan dukungan pengetahuan dalam pengembangan ekonomi kreatif di wilayah pesisir.

https://travel.kompas.com/read/2020/01/09/092000427/tantangan-dan-solusi-desa-wisata-bahari-di-pulau-pulau-kecil-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke