Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Montana del Cafe di Bangli, Nikmati Sensasi Ngopi Seperti di Atas Awan

Kabupaten Bangli punya beberapa tempat wisata terkenal, seperti Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Abang, dan Danau Batur.

Untuk menikmati ketiga lanskap indah tersebut, kamu tak perlu repot-repot datang langsung ke sana. Di Bangli, ada banyak kafe-kafe kekinian yang menawarkan pemandangan tersebut. Salah satunya adalah Montana del Café.

Sensasi ngopi di atas awan

Montana del Café merupakan salah satu kafe yang berada di sekitar Jalan Raya Penelokan. Tepatnya di Nomor 889, Batur Selatan, Kintamani.

Manajer Montana del Café bernama Dwi Krisna mengatakan, salah satu sensasi yang akan didapatkan pengunjung ketika datang ke kafe ini adalah sensasi ngopi di atas awan.

“Ada momen di mana waktu pagi hari itu, pas di bawah kafe kita itu ada awan. Kita kan dataran tinggi nih, terus awannya nge-flat gitu. Jadi serasa di atas awan,” kata Dwi ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Biasanya, momen awan tersebut berlangsung di musim kemarau. Tepatnya di bulan Juni-Juli. Momen tersebut berlangsung secara terbatas, yakni sekitar pukul 07.00 – 08.30 WITA saja.

Tak itu saja, pengunjung juga bisa mendapatkan momen sunrise yang menakjubkan dari kafe ini. Pengunjung hanya perlu melakukan reservasi dan mengambil paket khusus lebih dulu sesuai permintaan untuk bisa menikmati sunrise di kafe ini.

Biasanya momen menikmati sunrise juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang sengaja mengadakan sesi foto di Montana del Café.

Paket acara di Montana del Café

Paket-paket yang tersedia di Montana del Café tak hanya sesi foto sunrise saja. Namun banyak pula pengunjung yang memanfaatkan lanskap Montana del Café sebagai latar foto prewedding mereka.

Tak jarang ada pula pelanggan yang mengadakan acara wedding anniversary, pernikahan, dan lain-lain. Harganya bervariasi sesuai jumlah tamu dan permintaan makanan. Harga rata-rata untuk acara pernikahan mulai dari Rp 15 juta.

“Kalau foto prewed contohnya, Rp 850.000 itu sudah termasuk 4 jenis makanan dan 4 jenis minuman. Itu bisa pilih di menu kita, sudah include semuanya termasuk sewa tempat,” jelas Dwi.

Spot Instagramable Montana del Cafe

Sejak dibuka Januari 2020 lalu, para pengunjugn yang datang ke sana tak hanya ingin menikmati makanan brunch all day dari Montana del Café. Mereka juga mau menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Jika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Batur, Gunung Abang, Gunung Agung, dan Danau Batur. Jika sedang beruntung, maka pemandangan kafe di atas awan pun akan terlihat.

Montana del Café terbagi menjadi beberapa area. Ada area outdoor outset, indoor, dan second café di area bawah. Menurut Dwi, ada empat spot Instagramable di Montana del Café yang digemari pengunjung.

Pertama adalah area outdoor yang memiliki pemandangan langsung ke arah gunung dengan balkon dihiasi rerumputan.

Di sana ada pula area tempat duduk seperti bar dengan pemandangan langsung ke arah gunung. Lengkap dengan payung-payung cantik yang Instagramable.

Selain itu, bagian depan bangunan kafe dan area indoor pun cukup digemari. Alasannya, bangunan Montana del Café yang berbentuk segitiga dianggap cukup unik.

Tak itu saja, bagian dindingnya yang terbuat dari kaca pun punya pesona tersendiri. Dengan dinding kaca, memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam area kafe.

“Di bawah juga di second café kita. Itu ada seperti bangunan yang kayak ada terowongan gitu. terowongannya itu pandangannya langsung ke gunung,” ujar Dwi.

Ke depannya, Dwi mengungkapkan bahwa Montana del Café akan mengembangkan beberapa proyek yang diharapkan rampung pada Januari 2021.

Beberapa di antaranya berupa wedding chappel dan area untuk live akustik. Selain itu, ada pula playground untuk anak-anak dan ruangan pribadi khusus meeting.

Konsep kafe brunch all day

Montana del Café mengusung konsep brunch all day. Artinya, makanan yang disajikan di kafe ini adalah makanan brunch (breakfast lunch) sepanjang hari.

“Kita enggak concern ke view saja, tapi ke makanan juga. Terinspirasi dari kafe-kafe di Australia. Di Indonesia kan belum ada yang ngambil konsep brunch. Setahu saya belum ada,” tutur Dwi.

Karena terletak di Kintamani, tentu saja Montana del Café menyediakan kopi lokal Kintamani yang digemari para pencinta kopi. Selain kopi Kintamani, ada pula kopi internasional berupa kopi geisha yang berasal dari Panama.

Sementara menu makanan, signature dish Montana del Café adalah Stream Noodle. Sejenis misoa yang ditumis dengan kuah tomyum menyegarkan, ditambah aneka topping mulai dari tobiko hingga seafood.

“Itu makanan favorit owner saya, makanan rumahan gitu cuman saya coba angkat jadi menu di kafe. Ternyata respon customer bagus,” papar Dwi.

Range harga makanan di sana mulai dari Rp 40.000 – Rp 80.000. Sementara untuk minuman, harganya rata-rata Rp 40.000.

Protokol kesehatan

Terkait protokol kesehatan, Dwi memastikan bahwa Montana del Café sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang berlaku.

Mereka bahkan sudah mendapatkan sertifikat cleanliness, health, safety, dan environment (CHSE) dari pemerintah.

Termasuk pembatasan kuota pengunjung. Selama pandemi, Montana del Café membatasi jumlah pengunjung dari total daya tampung sekitar 120 pengunjung, menjadi maksimal sekitar 80 pengunjung saja.

Montana del Café buka Senin-Kamis pukul 08.00-18.00 WITA, Jumat pukul 08.00-19.00 WITA, Sabtu-Minggu pukul 07.30-19.00 WITA.

https://travel.kompas.com/read/2020/12/25/090400827/montana-del-cafe-di-bangli-nikmati-sensasi-ngopi-seperti-di-atas-awan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke