Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Trekking di Curug Kondang dan Balong Endah Bogor

BOGOR, KOMPAS.com – Curug merupakan tempat wisata yang lebih dikenal sebagai tempat untuk berenang atau sekadar bermain air di tepian kolam air terjun.

Kendati demikian, jika berkunjung ke Curug Kondang dan Curug Balong Endah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terdapat beragam kegiatan wisata yang dapat dilakukan. Misalnya adalah trekking.

Jika ingin berkunjung ke sana, sebelum berenang atau bermain air, wisatawan harus trekking terlebih dahulu. Terlebih saat ke Curug Balong Endah.

Agar perjalanan trekking tetap aman dan nyaman, berikut Kompas.com rangkum tips trekking di Curug Kondang dan Balong Endah, Rabu (2/6/2021):

1. Minimal pakai sandal gunung

Jalur yang akan ditempuh dari area parkir menuju titik air terjun berupa tangga berbatu, tanah, serta rerumputan rindang. Agar tidak tergelincir, gunakan minimal sandal gunung supaya lebih nyaman.

2. Pakai pakaian quick dry

Bagi yang mudah berkeringat, atau ingin bermain air tanpa melepas baju, gunakanlah pakaian berbahan quick dry.

Artinya, pakaian tersebut mudah kering dalam beberapa menit usai basah jika diangin-anginkan tanpa menunggu waktu yang lama.

Jika belum memilikinya, kamu bisa membeli baju atau celana berbahan quick dry pada toko yang menjual peralatan berkemah. Harganya tergantung merek, namun biasanya mulai dari Rp 80.000.

3. Bawa pakaian ganti

Jika tidak memiliki pakaian berbahan quick dry, kamu bisa mengantisipasinya dengan membawa pakaian ganti.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko masuk angin jika terlalu lama mengenakan pakaian basah.

4. Jangan lupa air minum

Meski jarak tempuh dari area parkir menuju Curug Kondang terbilang cukup dekat, namun jarak menuju Curug Balong Endah terbilang cukup jauh dengan memakan waktu sekitar 20-30 menit.

Walaupun sebelum pintu masuk menuju Curug Balong Endah terdapat beberapa warung yang menjual minuman, namun kamu bisa membawanya sendiri untuk menghemat pengeluaran.

5. Kamera jangan ditinggal di rumah

Sepanjang jalur trekking yang akan dilalui, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Guna melepas rindu saat kembali ke rumah, jangan lupa untuk abadikan momen lewat kamera ponsel atau kamera profesional.

6. Jangan lupa bayar tiket masuk

Saat Kompas.com berkunjung ke sana pada Selasa (25/5/2021), terdapat beberapa wisatawan yang lupa membayar tiket masuk ke Curug Balong Endah.

Jika ingin berkunjung ke sana, wisatawan perlu membayar sebesar Rp 10.000 pada pos pembelian tiket. Sebab, tiket yang dibeli di area parkir motor hanya untuk ke Curug Kondang saja.

7. Jangan buang sampah sembarangan

Berdasarkan pantauan penulis pada saat itu, area Curug Kondang dan Curug Balong Endah pada beberapa titiknya masih terdapat sampah plastik yang berserakan.

Jika ingin berkunjung, buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga keasrian alam dan lingkungan di sana.

Harga tiket masuk Curug Kondang dan Balong Endah

Curug Kondang dan Curug Balong Endah berlokasi di kawasan wisata Gunung Salak Endah, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Jika dari Curug Kondang, kamu harus membayar Rp 10.000 untuk masuk ke tempat wisata tersebut. Biaya parkir motor adalah Rp 5.000 per kendaraan.

https://travel.kompas.com/read/2021/06/02/201200427/7-tips-trekking-di-curug-kondang-dan-balong-endah-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke