Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Destinasi di Indonesia yang Dikunjungi Ratu Elizabeth II, Ada Bali

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhir pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di Kastel Balmoral, Skotlandia. Pada masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II ternyata pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1974 silam.

Bersama suaminya, Pangeran Philip, sang ratu melakukan kunjungan ke Bali, Yogyakarta, dan Jakarta pada bulan Maret 1974, dengan kapal pesiar kerajaan The Royal Yacht Britain dan pesawat udara.

  • Rumah Milik Ratu Elizabeth II di Sandringham Disewakan Mulai Rp 6 Juta
  • Ratu Elizabeth II Meninggal, 6 Anggota Kerajaan Terima Gelar Baru

Berikut adalah tiga tempat yang sempat dikunjungi mendiang ratu bersama suaminya.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip berkunjung ke Jakarta pada Maret 1974 setelah melakukan perjalanan dari Bali, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Menurut informasi akun Instagram Museum Kesejarahan, Jumat (9/9/2022), lawatan sang ratu dan pangeran di Jakarta ini disambut meriah dengan penampilan ondel-ondel dan tanjidor. 

Keduanya disambut oleh Presiden Soeharto dan Tien Soeharto, beserta Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan tokoh budaya Indonesia, Soedarmadji Jean Henry Damais. 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga menjadi tamu kenegaraan pertama Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

  • Kastil Balmoral, Tempat Ratu Elizabeth II Mengembuskan Napas Terakhir
  • Ratu Elizabeth II Wafat, 4 Landmark Ikonik Dunia Turut Berduka Cita

Dilansir dari Kompas.id, Jumat, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip diajak mengunjungi beberapa tempat di Ibu Kota, antara lain Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Adapun Kota Tua, atau yang dikenal sebagai kawasan Batavia lama, merupakan sebuah kawasan di Ibu Kota yang kental akan nuansa Eropa.

Wisatawan bisa menikmati sederet bangunan kuno dan situs bersejarah, antara lain Museum Fatahillah, Menara Syahbandar, Taman Fatahillah, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga pernah mengunjungi Yogyakarta dan diterima oleh Sultan Hamengkubuwono ke-IX, serta disambut sekitar 400 prajurit keraton berseragam tradisional lengkap. 

Selain ke Istana Kepresidenan Yogyakarta, rombongan Ratu Elizabeth II juga sempat mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

  • 4 Destinasi Favorit Ratu Elizabeth II, Ada Afrika Selatan dan Malta
  • Candi Borobudur Ternyata Tidak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia

Untuk diketahui, Istana Kepresidenan Yogyakarta dikenal juga dengan nama Gedung Agung atau Gedung Negara. Dikutip dari laman Sekretariat Negara, penamaan itu berkaitan dengan salah satu fungsi gedung utama istana, yaitu sebagai tempat penerimaan tamu-tamu agung.

Sejalan dengan fungsinya, hingga kini ada lebih dari 65 kepala negara, termasuk kepala pemerintahan dan tamu-tamu negara, yang telah berkunjung atau bermalam di Gedung Agung, termasuk Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Bali merupakan destinasi pertama yang dikunjungi rombongan Ratu Elizabeth II ketika bertandang ke Indonesia. 

Saat berada di Pulau Dewata, Ratu Elizabeth II berkunjung ke dan beristirahat di Istana Tampaksiring yang berlokasi di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga menikmati berbagai seni tari dan kriya.

Adapun Istana Tampaksiring merupakan satu-satunya Istana Kepresidenan yang dibangun setelah Kemerdekaan Indonesia, yakni mulai tahun 1957 sampai dengan 1960.

Istana ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi Presiden RI beserta keluarga dan tamu-tamu kenegaraan.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/09/224251727/3-destinasi-di-indonesia-yang-dikunjungi-ratu-elizabeth-ii-ada-bali

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+