Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Bus Wisata Gratis Monas-Pantai Maju PIK, Khusus Libur Lebaran 2023

KOMPAS.com - Khusus libur Lebaran 2023, masyarakat bisa naik bus wisata gratis rute Monas-Pantai Maju PIK (Pantai Indah Kapuk), yang baru saja dioperasikan oleh TransJakarta pada Sabtu (22/4/2023).

Rute ini dilayani setiap hari hingga akhir April 2023, tepatnya mulai Sabtu (22/4/2023) hingga Minggu (30/4/2023), menggunakan bus wisata BW9, bertingkat dua dengan atap tertutup.

Petugas Transjakarta bernama Naomi, yang Kompas.com temui di lokasi, Sabtu (22/4/2023) mengatakan, bus wisata rute Monas-Pantai Maju dibuka untuk melayani masyarakat saat momen Lebaran.

"Ini kita uji coba dulu, kan momen libur Lebaran jadi kita coba rute baru, nanti akan dievaluasi lebih lanjut, respons masyarakat, euforia nya bagaimana dengan rute baru ini," ucap dia.

Naomi mengatakan, bus BW9 Monas-Pantai Maju PIK tersedia mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

Namun, agar tidak ketinggalan, ia mengimbau calon penumpang untuk datang antara pukul 10.00 WIB, sekitar pukul 13.00 WIB, dan sekitar pukul 15.00 WIB.

"Sehari dua trip, ada tiga unit. Karena ke Pantai Maju kan jauh juga, ini karena hari libur saja (durasi perjalanan) bisa dua jam-an," ujarnya.

  • Panduan Lengkap Wisata ke Pantai Maju PIK, Aturan hingga Tips
  • 5 Aktivitas Seru di Pantai Maju PIK, Bisa Piknik Gratis

Bila tertarik mencoba bus wisata tingkat ini, kamu bisa naik di titik awal Halte IRTI Monas, tepat di seberang Halte Balai Kota.

Sebab, jika bus lain melewati beberapa halte, namun untuk bus wisata BW9 ini, pengunjung harus naik dari titik awal.

"Kita enggak lewat Sarinah, ke PIK (Pantai Indah Kapuk) itu lewat IRTI-Gambir-lanjut arah Tomang. Di Gambir angkut penumpang, kalau ada. Tapi bagusnya dari (Halte) IRTI," tuturnya.

Maka dari itu, baiknya penumpang naik dari Halte IRTI dan turun kembali di halte IRTI guna memudahkan aksesibilitas, sebab jumlah bus pun masih terbatas.

"Cuma kalau turun di Pantai Maju, dan mau naik bus wisata ini lagi, mungkin akan lama, karena perjalanannya juga lama, bus-nya juga terbatas. Jadi kalau turun di halte Pantai Maju, dan ketinggalan bus wisata, bisa tetap naik TransJakarta yang 1A," terang Naomi.

  • Naik KRL dan TransJakarta ke Pantai Maju PIK, Catat Caranya
  • 5 Tips Wisata ke Pantai Maju PIK, Bawa Camilan

Sama seperti bus wisata lainnya, naik bus wisata BW9 tidak dikenakan tarif apa pun alias gratis.

Namun, calon penumpang tetap harus tap in dan tap out kartu uang elektroniknya saat naik bus bertingkat dua itu.

"Bayarnya pakai e-Money, Flazz, kayak biasa, tidak mengurangi biaya saldo tapi harus pakai kartu. Baiknya tap in kartu, langsung tap out, biar turun tinggal turun," pungkas dia.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/23/050600027/ada-bus-wisata-gratis-monas-pantai-maju-pik-khusus-libur-lebaran-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke