Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jembatan Gladak Perak Penuh Sampah karena Ramai Wisatawan, Wakil Bupati Lumajang Sampai Ikut Bersih-bersih

LUMAJANG, KOMPAS.com - Jembatan Besuk Kobokan atau yang lebih dikenal dengan nama Jembatan Gladak Perak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ramai dikunjungi wisatawan saat momen libur Lebaran 2023. 

Rata-rata, pengunjung datang untuk berswafoto sekaligus memuaskan rasa penasaran di jembatan yang baru selesai dibangun pascaditerjang erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021.

Namun, banyaknya jumlah pengunjung menyebabkan jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia ini dipenuhi tumpukan sampah.

Hal ini membuat Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati bersama para relawan membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang trotoar, badan jalan, dan rangka jembatan, Kamis (27/4/2023).

Kebanyakan, sampah yang ditinggalkan pengunjung adalah sampah plastik hasil dari makanan ringan yang dijual di sekitar jembatan.

Jangan kotori Jembatan Gladak Perak

Indah mengatakan, pihaknya tidak melarang Jembatan Gladak Perak digunakan untuk berswafoto maupun sebagai rujukan wisata.

Namun, pengunjung diminta tidak membuang sampah sembarangan yang mengotori keindahan Jembatan Gladak Perak dan bisa mencemari lingkungan.

Terlebih, jembatan ini membentang di atas Sungai Besuk Kobokan, sehingga sampah pengunjung bisa mencemari sungai.

"Masyarakat mau selfie boleh, mau wisata juga boleh, tapi jangan buang sampah sembarangan," kata Indah di Lumajang, Kamis (27/4/2023).

Akan menata kawasan Jembatan Gladak Perak

Perihal banyaknya warga yang berjualan di sekitar jembatan, Indah menuturkan bahwa Pemkab Lumajang akan mengatur tempatnya agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. 

Sebab, jembatan ini merupakan akses utama Lumajang-Malang via jalur selatan, sehingga keramaian rawan menyebabkan macet. 

"Yang mau jualan juga boleh, tapi nanti diatur supaya jangan sampai mengganggu ketertiban jalan," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik menjanjikan akan menambah jumlah tempat sampah di sekitar jembatan agar warga tidak membuang sampah sembarangan. 

"Tempat sampahnya akan kami tambah, tapi kami minta komitmen bersama untuk menjaga kebersihan," jelasnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/27/213100627/jembatan-gladak-perak-penuh-sampah-karena-ramai-wisatawan-wakil-bupati

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke