Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Restoran di Yogyakarta dengan View Alam, Pantai hingga Gunung

KOMPAS.com - Restoran di Yogyakarta dengan view alam menjadi tren baru wisata di Kota Gudeg. Mengutip dari Tribun Jogja, restoran dengan view alam tersebut meliputi pemandangan pantai, gunung, atau perpaduan keduanya.

“Perpaduan kuliner dengan view keindahan alam ini jadi tren baru yang berkembang," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Rabu (3/5/2023), seperti dikutip dari Tribun Jogja.

Peningkatan minat wisatawan terhadap destinasi kuliner dengan pemandangan alam turut dipengaruhi promosi lewat media sosial yang begitu masif.

Restoran di Yogyakarta dengan view alam

Jika berkunjung ke Yogyakarta, berikut rekomendasi restoran dengan view alam yang bisa kamu kunjungi. Restoran tersebut menawarkan pemandangan pantai, gunung, dataran tinggi, serta Candi Prambanan yang ikonik.

HeHa Ocean View merupakan salah satu obyek wisata populer di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Destinasi wisata ini terkenal dengan berbagai spot foto Instagramable.

Selain berfoto, wisatawan juga bisa menyantap aneka kuliner di restoran dengan latar belakang laut selatan Yogyakarta.

Keindahan HeHa Ocean View banyak membuat wisatawan penasaran. Bahkan, HeHa Ocean View bersama dengan Tanah Lot di Bali masuk ke dalam daftar tempat dengan pemandangan indah paling dicari di Google sepanjang 2022 berdasarkan laporan Year in Search 2022 yang dirilis oleh Google.

Jika HeHa Ocean View menawarkan pengalaman bersantap dengan view pantai selatan, maka HeHa Sky View menyuguhkan pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian.

Mengutip laman resminya, HeHa Sky View menyediakan restoran berkonsep modern yang dilengkapi dengan rooftop semi outdoor. Jadi, para pengunjung bisa menikmati hidangan sembari melihat keindahan Kota Yogyakarta dari ketinggian.

Selain menikmati sajian kuliner, pengunjung bisa berfoto di beragam spot foto cantik, seperti Sky Glass, Garden Area, Love Box, Sky Swing, HeHa Aeroplane, Macrame, dan Bean Bag Area.

Lokasi HeHa Sky View berada di Jalan Dlingo-Patuk Nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Watu Langit Jogja Coffee and Resto merupakan wisata kuliner yang cocok bagi pencinta senja dan sunset. Sembari menikmati aneka kuliner, pengunjung bisa melihat pemandangan perbukitan serta sunset di Kota Yogyakarta.

Kafe dan restoran berjarak sekitar 2 kilometer (km) dari  obyek wisata populer, Tebing Breksi. Tepatnya di Desa Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Tersedia area indoor dan outdor di Watu Langit Jogja Coffee and Resto. Pengunjung bisa mencicipi varian kopi, camilan, serta makanan dan minuman tradisional Jawa.

Abhayagiri Restaurant merupakan restoran fine dining yang berada di Heritage Resort, Sumberwatu, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Mengutip Kompas.com (22/10/2021), Abhayagiri Restaurant  mengusung konsep interior Jawa klasik. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan hamparan persawahan nan hijau dan sejuk.

Meskipun berkonsep Jawa klasik, namun menu makanan di restoran ini meliputi makanan tradisional hingga western. Sementara itu, harga menunya dibanderol harga mulai dari Rp 40.000 per porsi.

Geblek Pari merupakan warung makan dengan konsep tradisional khas Jawa yang dilengkapi pemandangan sawah. Sembari bersantap, pengunjung bisa menyaksikan hamparan sawah yang dikelilingi panorama Bukit Menoreh, seperti dikutip dari Kompas.com (5/2/2020).

Lokasinya berada di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Keunikan dari Geblek Pari adalah pengunjung bisa menyaksikan langsung proses masak di dapar tradisional yang menggunakan tungku tradisional. Selain itu, alat makan dan minum juga memakai piring dan gelas tempo dulu yang terbuat dari seng.

Selain menikmati makanan dan minuman khas Jawa, pengunjung bisa menyewa sepeda atau skuter untuk berkeliling area sawah dengan latar belakang Bukit Menoreh.

Tak jauh dari Geblek Pari, wisatawan bisa menjumpai Geblek Menoreh View. Konsepnya serupa, yakni restoran dengan view hamparan sawah.

Pengunjung bisa menikmati sajian angkringan khas Yogyakarta sembari menikmati pemandangan sawah dan barisan Bukit Menoreh.

Geblek Menoreh View menawarkan menu angkringan khas Yogyakarta beragam seperti nasi kucing, aneka sate, aneka gorengan, dan aneka minuman.

Pengunjung juga bisa berkeliling naik skuter atau sepeda sembari menikmati pemandangan sawah hijau dan Bukit Menoreh.

La Li Sa Farmer’s Village merupakan restoran sekaligus obyek wisata baru yang buka pada  9 Desember 2022 lalu. Obyek wisata ini  mengusung konsep pedesaan Eropa.

Pengunjung bisa menemukan sejumlah replika landmark Eropa, dengan latar belakang sawah hijau. Landmark Eropa sekaligus spot foto tersebut antara lain  kincir angin, air mancur ala Italia, tempat santai bergaya Eropa, lumbung atau gudang ala Belanda (barn), dan kereta kuda tradisional Suku Gipsi.

Selain itu, ada sebuah restoran yang menawarkan aneka makanan dengan menu Indonesia hingga western. Pengunjung bisa menikmati aneka sajian di La Li Sa Farmer’s Village sembari melihat pemandangan sawah hijau.

Lokasinya beralamat di Jalan Yogyakarta - Wates Km. 14, Klangon, Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Restoran di Yogyakarta dengan view alam selanjutnya adalah Obelix Hills. Selain restoran, Obelix Hills merupakan obyek wisata yang terkenal dengan pemandangan indah di Kota Pelajar.

Wisatawan bisa menyaksikan panorama Kota Yogyakarta dari ketinggian saat berkunjung ke obyek wisata ini.

Dilansir dari situs resminya, obyek wisata ini mengusung tagline sunset on the rock sebab pengunjung bisa menikmati pemandangan sunset dari tebing batu.

Selain itu, tersedia 30 spot foto Instagramable bagi pengunjung yang dapat diakses dengan cuma-cuma. Menu yang ditawarkan Obelix Hills beragam, mulai dari makanan Indonesia hingga western

Lokasi Obelix Hills berada di Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Tumpeng Menoreh merupakan restoran sekaligus tempat wisata yang terletak di perbukitan Menoreh. Lokasinya berada di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Plono Timur, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. 

Sesuai namanya, restoran ini memiliki bangunan berbentuk heksagonal seperti tumpeng, dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/2/2022).

Tempat wisata kuliner yang baru dibuka pada Mei 2021 ini dibangun oleh musisi Erix Soekamti, bersama pemuda setempat yang dinamakan komunitas Gelangprojo.  Adapun menu-menu di Tumpeng Menoreh merupakan menu tradisional Jawa.

Tumpeng Menoreh menawarkan pemandangan pemandangan Bukit Menoreh dan tiga gunung di Jawa, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing. Selain itu, wisatawan bisa menikmati panorama kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Suwatu By Mil & Bay merupakan restoran dan villa dengan konsep Bali. Lokasinya berada di Sumberwatu, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Mengutip Kompas.com Jumat (27/11/2020), daya tarik Suwatu By Mil & Bay adalah pemandangan Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Sewu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh. 

Jadi, sembari menikmati aneka sajian kuliner para pengunjung bisa menikmati panorama indah tersebut.

Restoran ini menyajikan aneka kuliner lokal. Sementara itu, vila di Suwatu By Mil & Bay mempunyai kolam renang, tiga kamar tidur, tiga kamar mandi, area parkir, dapur, ruang makan, WiFi, AC, dan pemanas air.

South Shore menawarkan pengalaman bersantap dengan latar belakang pemandangan laut selatan.

Sekilas, South Shore tampak seperti kafe yang berada di Santorini, Yunani. Namun, siapa sangka kafe Instagramable ini berada di Gunungkidul, Yogyakarta. 

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/9/2020), South Shore mengusung konsep pool bar & cafe. Para pengunjung bisa menikmati sajian makanan dan minuman dari balkon atau infinity pool yang menghadap langsung ke laut selatan.

South Shore mempunyai beberapa spot Instagramable, antara lain anak tangga yang membelah bebatuan karang dan dikelilingi pepohonan. 

12. Satria Resto Prambanan

Sesuai namanya, restoran ini hanya berjarak 8 menit berkendara dari Candi Prambanan. Tepatnya di  Jalan Tulung Tamanmartani, Tulung, Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Jika cuaca serah, pengunjung juga bisa melihat puncak Candi Prambanan di arah timur. Satria Resto Prambanan menawarkan suasana nyaman dan sejuk karena lokasi resto berada di tepi sawah.

Restoran ini menawarkan pilihan menu lengkap. Ada masakan tradisional Jawa hingga makanan untuk vegetarian. Tak hanya warga lokal, Satria Resto Prambanan sudah dikunjungi wisatawan mancanegara.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/06/235925427/12-restoran-di-yogyakarta-dengan-view-alam-pantai-hingga-gunung

Terkini Lainnya

Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Rute Menuju ke Jungwok Blue Ocean Gunungkidul, Yogyakarta

Jalan Jalan
Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Segara Kerthi Diperkenalkan ke Delegasi World Water Forum di Bali, Apa Itu?

Travel Update
Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Sederet Aktivitas Seru di Jungwok Blue Ocean, Tak Hanya Bisa Foto

Jalan Jalan
Kering Sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Kering Sejak Maret 2024, Waduk Rajui Jadi Spot Instagramable di Aceh

Travel Update
Arab Saudi Targetkan Lebih dari 2 Juta Kunjungan Turis Indonesia pada 2024

Arab Saudi Targetkan Lebih dari 2 Juta Kunjungan Turis Indonesia pada 2024

Travel Update
7 Hotel Dekat Stasiun Gambir, Mulai Rp 125.000

7 Hotel Dekat Stasiun Gambir, Mulai Rp 125.000

Travel Update
Wisata ke Arab Saudi Kini Bisa Pakai Visa Umrah

Wisata ke Arab Saudi Kini Bisa Pakai Visa Umrah

Travel Update
Promo Pameran Saudi Tourism Authority, Diskon Umrah hingga Rp 3 Juta

Promo Pameran Saudi Tourism Authority, Diskon Umrah hingga Rp 3 Juta

Travel Update
Wisatawan Nekat Kunjungi Tangga Haiku di Hawaii meski Sudah Ditutup

Wisatawan Nekat Kunjungi Tangga Haiku di Hawaii meski Sudah Ditutup

Travel Update
P'Narach Food and View, Resto dengan Konsep Unik di Kabupaten Semarang

P'Narach Food and View, Resto dengan Konsep Unik di Kabupaten Semarang

Jalan Jalan
Bandara di Jepang Ini Tidak Pernah Kehilangan Bagasi Selama 30 Tahun

Bandara di Jepang Ini Tidak Pernah Kehilangan Bagasi Selama 30 Tahun

Travel Update
Air Terjun Dolo: Pesona Alam Lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri

Air Terjun Dolo: Pesona Alam Lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri

Jalan Jalan
5 Tempat Wisata Dekat Simpang Lima Semarang, Bukan Cuma Lawang Sewu

5 Tempat Wisata Dekat Simpang Lima Semarang, Bukan Cuma Lawang Sewu

Jalan Jalan
25 Hotel Terbaik di Dunia 2024 Versi TripAdvisor, Ada dari Indonesia

25 Hotel Terbaik di Dunia 2024 Versi TripAdvisor, Ada dari Indonesia

Hotel Story
Barang yang Paling Sering Ditinggal Wisatawan di Bandara, Apa Saja?

Barang yang Paling Sering Ditinggal Wisatawan di Bandara, Apa Saja?

Travel Tips
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke