Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Jadi Kebun Raya Terbaik di Indonesia

KOMPAS.com - Kebun Raya Indrokilo, di Boyolali, Jawa Tengah, dinobatkan sebagai kebun raya terbaik di Indonesia dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada Rabu (17/5/2023).

"Benar (dinobatkan sebagai kebun raya terbaik), karena uniknya di Kebun Raya Indrokilo Boyolali kita memadukan konsep alam dan budaya," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali Suradji kepada Kompas.com, Senin (22/5/2023).

Suradji mengatakan, ada banyak aspek yang dinilai oleh pihak BRIN dalam memutuskan pemenang nominasi kebun raya terbaik ini.

Kepada Kompas.com, Suradji menceritakan alasan di balik penghargaan yang diraih oleh Kebun Raya Indrokilo.

Taat aturan

Suradji mengatakan salah satu aspek yang menjadi alasan Kebun Raya Indrokilo Boyolali dinobatkan sebagai kebun raya terbaik se Indonesia yaitu karena pengelolaan kebun raya taat mengikuti saran dari pendampingan BRIN.

"Semua kebun raya itu didampingi oleh teman-teman dari BRIN, termasuk dalam hal penganggaran. Oleh karena itu kami berusaha menganggarkan atau membangun kebun raya seperti master plan," katanya.

Master plan yang menjadi rujukan pembangunan ini, kata Suradji, telah disepakati antara pemerintah Kabupaten Boyolali dengan BRIN, yang pada saat itu masih di bawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Lebih lanjut disampaikan bahwa tata kelola yang dilakukan oleh pengelola Kebun Raya Indrokilo telah mengikuti arahan BRIN, baik secara fisik maupun non fisik.

Padukan konsep alam dan budaya

Selain pengelolaan yang baik secara administrasi, Kebun Raya Indrokilo juga menarik karena tanaman yang ada di kebun raya erat kaitannya dengan unsur budaya Jawa.

"Kalau dari segi jumlah, tinggi, dan umur tanaman, kita jelas kalah dari kebun raya yang lain. Tapi yang menjadi keunikan yaitu setiap aspek (berupa tanaman ataupun benda) di sini dikaitkan dengan budaya Jawa," jelas Suradji.

Ia mencontohkan seperti Gerbang Pesingsingan. Gerbang tersebut tidak hanya sebatas bangunan yang menjulang tinggi, tetapi erat kaitannya dengan cerita sejarah dan cerita rakyat.

Dengan memadukan dua konsep ini, kata Suradji, akan lebih memudahkan pengunjung untuk mengingat Kebun Raya Indrokilo. Serta, juga dapat mempertahankan cerita rakyat agar tidak hilang ditelan zaman.

"Ada juga bahtera Nabi Nuh sebagai ikonnya, ini maknanya bahwa bahtera Nabi Nuh dulu menyelamatkan tanaman dan hewan," katanya.

Nama untuk spot ikonik di Kebun Raya Indrokilo pun menggunakan nama-nama pandawa, seperti Yudhistira, Bima, Arjuna, dan Nakula.

Dari penghargaan yang diraih oleh Kebun Raya Indrokilo ini diharapkan Suradji bisa menjadi batu loncatan untuk mengembangkan Kebun Raya Indrokilo hingga di ajang penghargaan dunia nantinya.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/22/203100527/kebun-raya-indrokilo-boyolali-jadi-kebun-raya-terbaik-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke