Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menuju ke OMAH Library di Tangerang, Harus Sambung Ojek Online

KOMPAS.com - Bagi pencari ketenangan atau yang sedang ingin rileks dengan menenggelamkan diri di antara ribuan buku, bisa coba mampir ke OMAH Library.

Tempat yang merupakan hidden gem di tengah padatnya Kota Tangerang ini merupakan perpustakaan pribadi milik arsitek Realrich Sjarief, yang dibuka untuk umum.

Memiliki desain bangunan yang estetik dan unik, OMAH (On Meeting Architecture Hub) Library banyak dikunjungi oleh para arsitek ataupun desainer interior. Banyak juga yang datang untuk berfoto-foto dan membuat konten.

  • OMAH Library di Tangerang: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas
  • 5 Tips Berkunjung ke OMAH Library, Reservasi Dulu

Adapun bagi yang ingin serius membaca atau mengerjakan tugas, bisa memanfaatkan ribuan koleksi buku yang dimiliki oleh Rich. Terdapat juga sejumlah kursi sofa dan meja yang nyaman. 

Sebelum berkunjung, OMAH Library menggunakan sistem reservasi sehingga pengunjung tiap sesi akan lebih rapi dan tidak melebihi kapasitas. Cara reservasinya dengan memilih tautan (link) yang ada di bio Instagram OMAH Library. 

Cara menuju ke OMAH Library

Jika tertarik untuk datang, pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menaiki transportasi umum. Namun, harus menyambung naik ojek online (ojol) karena lokasi tempat ini ada di dalam komplek perumahan.

"Tidak ada angkutan umum yang sampai di depan rumah ya. Paling berhenti di stasiun atau halte terdekat, lalu lanjut naik ojol," kata Realrich atau akrab disapa Rich, kepada Kompas.com, Jumat (26/5/2023). 

Lokasi OMAH Library berada di Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, Karang Mulya, Kecamatan Kembangan, Kota Tangerang, Banten. 

Untuk menuju Meruya menggunakan Transjakarta, cukup sedikit pilihan koridornya. Salah satu yang bisa digunakan adalah Transjakarta 1M (Meruya-Blok M), beroperasi setiap pukul 05.00-22.00 WIB. 

Kamu bisa menaiki bus ini dari Terminal Blok M, atau dari beberapa rute yang dilewati oleh 1M, misalnya SPBU Srengseng Raya, ITC Cipulir, Mayestik 2, Taman Puring, atau SMAN 85.  

Jarak dari Blok M ke pemberhentian terakhir Meruya Taman Aries adalah sekitar 1 jam 30 menit. Kemudian, lanjut naik ojol sejauh 4,5 kilometer (km) menuju OMAH Library dalam waktu 12 menit. 

Pilihan lainnya bisa naik angkutan umum JAK.51, JAK.14, atau JAK.30, namun perlu berjalan kaki lagi sekitar 1,2 km. 

Bagi yang menaiki KRL, bisa turun di stasiun terdekat yaitu Stasiun Rawa Buaya. Kamu bisa berangkat dari stasiun mana saja yang terdekat dari tujuan awal, lalu turun di Rawa Buaya. 

"Paling dekat Stasiun Rawa Buaya, ya. Terus lanjut lagi naik angkutan umum biasanya," kata Rich. 

Jarak dari Stasiun Rawa Buaya menuju OMAH Library adalah sekitar 6,5 km, paling dekat dibandingkan stasiun lainnya. 

Kamu bisa melanjutkan perjalanan naik ojol dengan waktu tempuh kurang lebih 16 menit, atau naik angkutan umum namun harus ganti dua sampai tiga kendaraan. 

Adapun jika kamu membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena terdapat area untuk parkir di sekitar OMAH Library. Bisa muat hingga 10 mobil dan cukup banyak motor. 

https://travel.kompas.com/read/2023/05/31/141600327/cara-menuju-ke-omah-library-di-tangerang-harus-sambung-ojek-online

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke