Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Etiket Simpan Bagasi Kabin di Pesawat, Jangan Terlalu Berat

KOMPAS.com - Bagasi kabin atau overhead bin termasuk tempat penyimpanan barang bawaan di pesawat, selain di bagian bawah kursi.

Ukurannya yang terbatas menyebabkan hanya barang-barang tertentu saja yang bisa disimpan di tempat ini, misalnya koper kecil dengan berat maksimal tujuh kilogram.

  • 8 Benda yang Dilarang untuk Dibawa ke Kabin Pesawat, Ini Daftarnya
  • Berapa Berat Maksimal Bagasi Penumpang di Kabin Pesawat?

Namun, tahukah kamu, ternyata ada sejumlah etiket dalam menggunakan bagasi kabin, khususnya karena pelaku perjalanan akan berbagi ruang penyimpanan dengan pelaku perjalanan lain. Berikut selengkapnya:

Dilansir dari Stuff.co.nz, Sabtu (21/10/2023), pelaku perjalanan sebaiknya menyimpan bawaan mereka di bagasi kabin yang berada di atas tempat duduk mereka. 

Jika bagasi kabin di atas tempat duduk sudah penuh, pelaku perjalanan bisa menyimpan di bagasi kabin sekitarnya. Namun, disarankan jangan di barisan sebelum tempat duduk mereka.

Hal ini karena, saat pesawat sudah mendarat dan terparkir sempurna, pelaku perjalanan harus melawan arus penumpang yang keluar demi mengeluarkan bawaan mereka dari bagasi kabin.

Tentunya hal ini juga bisa memperlambat waktu pelaku perjalanan lainnya untuk keluar dari pesawat.

Salah seorang penumpang pesawat ke Los Angeles di Amerika Serikat, Jeff Blend, mengeluhkan penumpang lainnya yang menyimpan jaket dan mantel tebal ke bagasi kabin. 

"Sekitar sepertiga dari (bagasi) kabin dipenuhi jaket," tutur Blend, dikutip dari USA Today. 

Jaket dan mantel musim dingin cukup memakan tempat, terlebih di bagasi kabin. Pelaku perjalanan bisa menyimpannya jika memang ada ruang kosong dan seluruh penumpang pesawat sudah menyimpan barang-barangnya di bagasi kabin.

Salah satu alasan mengapa ukuran dan berat barang yang disimpan di bagasi kabin dibatasi adalah demi keselamatan penumpang.

Dengan demikian, pelaku perjalanan diimbau tidak membawa barang yang terlalu besar dan terlalu berat.

Selain karena akan menyulitkan pelaku perjalanan lain yang ingin menyimpan barang mereka, bawaan yang terlalu berat akan menyulitkan diri sendiri saat mengangkatnya untuk disimpan di atas tempat duduk.

https://travel.kompas.com/read/2023/10/22/071200427/3-etiket-simpan-bagasi-kabin-di-pesawat-jangan-terlalu-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke