Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aktivitas di BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Beli Suvenir Eksklusif

KOMPAS.com - Para fans boygroup asal Korea Selatan, BTS, yang disebut sebagai Army, bisa memenuhi kerinduan terhadap idola melalui pameran BTS Exhibition: Proof in Jakarta. 

"Pameran ini sudah diadakan di beberapa negara. Start pada 2022 di Korea Selatan, lalu pindah ke beberapa negara sebelum Indonesia," kata Project Executive BTS Exhibition: Proof in Jakarta Andina Sabri kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (24/11/2023).

Dipromotori oleh iMe Indonesia, semua properti yang ditampilkan pun asli karena dibawa langsung dari agensi BTS di Korea Selatan, yaitu HYBE dan BigHit Music. 

Pameran yang berlokasi di City Hall Lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan ini masih dapat dikunjungi hingga 10 Desember 2023. 

Harga tiket BTS Exhibition: Proof in Jakarta mulai Rp 450.000 per orang saat weekday (Senin-Kamis) dan mulai Rp 550.000 per orang saat weekend (Jumat-Minggu, dan hari libur nasional). Pembelian tiket bisa dilakukan melalui situs btsproofjakarta.com. 

Aktivitas di BTS Exhibition: Proof in Jakarta

Sebelum berkunjung, ketahui beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pameran BTS Exhibition: Proof in Jakarta berikut ini. 

1. Nikmati pameran eksklusif BTS

Selama satu sesi berdurasi 60 menit, pengunjung bisa melakukan perjalanan melihat aneka gambar, video, hingga instalasi BTS selama 10 tahun berkarier.

Terdapat juga staf dan usher yang siap menjelaskan informasi jika pengunjung memerlukannya. 

Barang-barang yang dipamerkan semuanya asli dari agensi BTS di Korea Selatan, bahkan ada beberapa foto yang unreleased, sehingga terbilang eksklusif dan sangat memanjakan mata para penggemar. 

Tak hanya itu, terdapat kostum asli para anggota dari video klip Yet To Come (The Most Beautiful Moment), deretan polaroid, dan tulisan tangan para anggota. 

2. Berfoto di spot tertentu

Menampilkan properti asli dari Korea, aturan dari agensi terkait hak cipta dan aturan beacukai membuat barang-barang yang ditampilkan sangat eksklusif. Pengunjung hanya dapat mendokumentasikan lima titik. 

Selain lima spot yang sudah ditentukan, pengunjung tidak diizinkan berfoto apalagi merekam video. Serta dilarang menyentuh barang-barang di dalam ruang pameran.

Lima spot tersebut adalah kumpulan judul album-album BTS, replika latar syuting video klip "Boy With Luv", patung bersayap dari video klip "Blood Sweet and Tears", jejeran kostum member BTS untuk video klip "Yet To Come", dan logo BTS.

3. Membeli suvenir eksklusif

Di akhir perjalanan pameran, pengunjung bisa berburu 13 jenis suvenir yang ditawarkan, di antaranya lanyard, poster, topi, kaus, hingga tas.

Dari 13 suvenir resmi tersebut, delapan di antaranya dibuat khusus untuk pameran di Jakarta. Serta tiga di antara delapan suvenir Jakarta merupakan edisi spesial atau terbatas yang bisa dibeli sesuai kunjungan per minggu. 

Ketiga item edisi terbatas (limited item) adalah puff tote bag waterproof yang tersedia pada minggu pertama, lanyard+card holder pada minggu kedua, dan phone strap pada minggu ketiga. 

Harga suvenir paling murah adalah poster set per member BTS yang berisi dua lembar, seharga Rp 217.000. Sedangkan suvenir termahal adalah puff tote bag waterproof seharga Rp 697.500.

Sebagai informasi, fans BTS tidak bisa hanya membeli suvenir tanpa membeli tiket masuk pameran dan berkeliling terlebih dulu. Sebab, meja penjualan ada di akhir ruang pameran sebelum pintu keluar.

4. Foto spesial di photo booth

Pada akhir perjalanan pameran, pengunjung juga bisa menemukan sebuah photo booth eksklusif di BTS Exhibition: Proof in Jakarta. 

Disebut eksklusif, karena hanya pengunjung yang memiliki tiket photo booth sajalah yang bisa berfoto di dalam photomatic.

Hasil fotonya unik karena frame foto akan berwarna berbeda, tergantung member BTS siapa yang didapatkan. 

Tiket photo booth tersebut hanya bisa diperoleh dari pembelian BTS Proof Album "Collector's Edition' seharga mulai Rp 3 juta, dengan biaya shipping Rp 2 juta sehingga total satu paket seharga kurang lebih Rp 5 juta.

Isi satu paket memang cukup banyak dan beragam sehingga menjadi salah satu merchandise eksklusif. 

Jika belum memiliki koleksi tersebut, fans BTS juga dapat langsung membeli di tempat melalui Weverse Shop.

Meski albumnya belum sampai di Indonesia, akan ada sistem yang disesuaikan sehingga pembeli bisa mendapatkan tiket photo booth. 

https://travel.kompas.com/read/2023/11/25/120607527/4-aktivitas-di-bts-exhibition-proof-in-jakarta-beli-suvenir-eksklusif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke