Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Parkir dan Resto Nakal yang Beri Harga Tak Wajar di Bantul, Ini Cara Laporkannya

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengimbau pengusaha parkir dan kuliner untuk mencantumkan harga selama libur Lebaran 2024.

Imbauan itu dilakukan untuk menghilangkan praktik nutuk yang dilakukan oknum petugas parkir dan tempat makan. Praktik ini adalah mematok harga yang terlalu tinggi kepada pengunjung.

Meski sudah ada imbauan, diprediksi akan tetap ada oknum petugas parkir dan tempat makan yang mematok harga terlalu tinggi.

Apabila menemukan praktik tersebut atau mengalaminya sendiri, masyarakat atau pengunjung bisa melaporkan ke akun media sosial jika merasa dinaikkan tidak wajar.

Dijelaskan untuk mengantisipasi harga tidak wajar, pihaknya mengumpulkan kelompok pelaku wisata.

Biasanya jika timbul masalah mereka akan menyelesaikan sendiri di lingkungan kelompok pelaku wisata. 

Dia mencontohkan pengelola tempat wisata khususnya di Parangtritis telah mengumpulkan para pelaku wisata agar tidak ada yang menerapkan tarif naik secara tidak wajar.

Cara laporkan jukir dan resto nakal di Bantul

Kwintarto mengatakan, jika wisatawan merasa dirugikan bisa melaporkan akun medsos Instagram Dinas Pariwisata di @jelajahbantul.id. Pelapor agar menyebut secara detail keluhannya.

"Nanti tolong disebut permasalahan ketidaknyamanan apa, lalu lokasi di mana, dan sebut oknumnya untuk mempermudah pelacakan," kata dia.

Pihaknya mengingatkan agar kejadian harga nutuk tidak terjadi. Jika kecolongan, nanti kelompok-kelompok pelaku wisata yang menyelesaikan.

https://travel.kompas.com/read/2024/03/29/090900327/ada-parkir-dan-resto-nakal-yang-beri-harga-tak-wajar-di-bantul-ini-cara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke