Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Tempat Wisata Saat Mudik

KOMPAS.com - Dengan keindahan alamnya dan khasiatnya, pemandian air kian digemari wisatawan.

Salah satu daerah yang punya banyak wisata pemandian air panas untuk dikunjungi adalah Provinsi Jawa Barat.  

Dari pegunungan hingga lembah, Jawa Barat menyuguhkan beragam destinasi pemandian air panas yang memikat, memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati keajaiban alam sambil merasakan manfaat menyegarkan dari air panas.

Dengan begitu, wisata pemandian air panas akan pas dikunjungi saat sedang mudik ke Jawa Barat.

Pemandian air panas di Jawa Barat

Berikut rekomendasi pemandian air panas di Jawa Barat dapat menjadi pilihan menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sambil merilekskan tubuh. 

1. Kawasan Gunung Papandayan

Terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Kawasan Gunung Papandayan menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan dan kolam air panas yang menyegarkan. 

Mengutip Kompas.com, Selasa (2/04/2024) Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan sensasi berendam di kolam air panas alami. 

Untuk masuk ke area kolam panas, harga tiketnya Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak pada hari kerja.

Harga tiket Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak pada akhir pekan atau hari libur. Gunung Papandayan dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

2. Pemandian Air Panas Nagrak Tengah

Pemandian Air Panas Nagrak Tengah terletak di Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Destinasi wisata air panas di Jawa Barat ini dapat dikunjungi untuk melepas penat akibat aktivitas sehari-hari. Sambil berendam di sini, udara dingin dari Bandung seketika hilang. 

Fasilitas yang tersedia di pemandian air panas Lembang ini cukup lengkap, termasuk gazebo, toilet, musala, dan warung makan. Terdapat lokasi berkemah yang cocok untuk berkemah secara sederhana.

Untuk masuk ke Pemandian Air Panas Nagrak Tengah, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp 25.000 per orang, dengan biaya parkir sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. Jam bukanya dari 08.00 hingga 17.00 WIB.


3. Curug Cipanas

Ada lagi pemandian air panas terkenal di Lembang yang berlokasi di Jalan Nagrak Tengah, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Air panas yang mengalir ke kolam Cipanas Nagrak berasal dari tanah dengan kontur miring di lembah, membentuk undakan yang menciptakan sebuah air terjun. 

Terdapat tiga undakan kolam, di mana dua di antaranya sengaja dibuat, memberikan keunikan tersendiri bagi wisata pemandian air panas Curug Nagrak. 

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, air dari air terjun ini mengalir ke beberapa kolam yang terletak di bawahnya.

Pemandian ini juga berada di area perkemahan dan buka setiap saat. Biaya masuk ke Curug Cipanas adalah Rp 25.000 per orang, sementara biaya camping adalah Rp 35.000. Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

4. Pemandian Air Panas Subang

Mengutip Tribunnews.com, Selasa (2/04/2024), pemandian ini memanfaatkan sumber air panas alami yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk merawat penyakit kulit dengan berendam di air panas. 

Kandungan belerang yang tinggi di tempat wisata ini bermanfaat untuk pengobatan. Secara keseluruhan, obyek wisata ini memiliki tiga kolam, termasuk kolam khusus untuk anak-anak, dewasa, dan terapi kulit. 

Selain tiga kolam utama, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mushala, toilet, warung, gazebo, area parkir, dan penginapan. 

Harga tiket masuknya relatif terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak. Pemandian Air Panas Subang buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB.


5. Sari Ater Hot Spring Resort

Sari Ater Hot Spring Resort, juga dikenal sebagai Ciater Hot Spring, adalah tujuan populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu ikon wisata di Ciater. 

Mengutip laman resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, Selasa (2/04/2024) Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu di tempat ini. 

Terdapat berbagai kolam pemandian yang tersedia bagi pengunjung dari segala usia. Sambil menikmati pemandian air panas, para wisatawan juga dapat menikmati udara segar di area wisata seluas 30 hektar tersebut. 

Lokasi Sari Ater Hot Spring Resort berada di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, tepat di kaki Gunung Tangkuban Parahu.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/04/101000327/5-pemandian-air-panas-di-jawa-barat-tempat-wisata-saat-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke