Menbudpar: Cek Kesiapan Obyek Wisata

Kompas.com - 21/08/2010, 16:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik, meminta pemerintah daerah (Pemda) mengecek infrastruktur pariwisata di daerahnya menjelang libur lebaran. "Saya mengimbau agar semua gubernur, walikota, bupati di seluruh Indonesia mulai mengecek kesiapan semua obyek wisata berikut infrastruktur pendukung di daerahnya masing-masing," kata Menbudpar, Jero Wacik, di Jakarta, Jumat (20/7/2010).

Ia mengatakan, pada liburan lebaran dipastikan akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung di berbagai obyek wisata di tanah air.

Oleh sebab itu, Jero Wacik menegaskan, agar Pemda dan pemangku kepentingan di daerah segera mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung pariwisata. "Ini perlu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat libur lebaran tiba," katanya.

Menbudpar meminta agar seluruh infrastruktur pendukung wisata mulai dari jembatan, jalan, alat transportasi, hingga perlengkapan destinasi wisata dicek kelaikannya. Dengan demikian, saat libur lebaran tiba, semua infrastruktur pendukung pariwisata mampu beroperasi dengan laik sehingga tidak perlu terjadi human/technical error yang berpotensi menelan korban.

Pada kesempatan yang sama, Menbudpar mengatakan, pihaknya tidak melakukan intervensi dalam penetapan harga-harga fasilitas pendukung pariwisata, seperti tarif hotel, restoran, dan lain lain. "Kenaikan harga ketika libur lebaran itu sesuatu yang wajar, jangan kita tanggapi seperti akan ada kiamat," kata Jero Wacik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.