Kompas.com - 07/03/2013, 08:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Setelah beberapa kali mencoba masakan khas Makassar, kami sekarang sedang suka sekali masakan Manado. Beberapa waktu yang lalu kami sudah mencoba restoran Beautika yang berlokasi di Hang Lekir, Jakarta Selatan.

Kali ini saya mampir ke rumah makan Ikan Tude Manado yang berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah makan ini cukup besar dan terdiri dari dua lantai. Lantai bawah untuk smoking room, yang diatas area non smoking  saya pilih duduk di lantai dua saja.

Di lantai bawah ada macam-macam jajanan khas Manado yang di dipajang di rak kaca. Saya tertarik mencoba Penada dan Lalampa. Untuk menu makanan yang kami pesan Cakalang Rabe, Goropa Woku dan tidak lupa pesan Perkedel Jagung.

Sambil menunggu menu makan yang kami pesan, kami nyobain Penada dan Lalampa dulu. Penada itu roti yang dalamnya di isi dengan potongan ikan cakalang yang agak pedas. Sedangkan Lalampa ini mirip lemper, yang ini isinya juga ikan cakalang, Lalampanya enak banget. Saya suka sekali nih sama lalampanya.

Menu utama sudah siap nih, wah... wah... wah... ini semuanya sangat menggiurkan. Saya coba Cakalang Rabe terlebih dahulu. Ini ikan cakalang yang dipotong kecil-kecil lalu dimasak dengan cabe, pedasnya mantab sekali. Ikan cakalangnya juga enak tidak amis. Oh iya makan di sini juga diberi satu porsi sambal dabu-dabu yang berisi cabe, irisan tomat ijo dan bawang merah. Sesekali saya menyantap cakalang rabe dengan sambal dabu-dabu.

Goropa Woku berisi beberapa potongan ikan kerapu yang cukup besar atau di tempat asalnya lebih dikenal dengan ikan goropa. Kuahnya terasa segar serta kaya rasa, karena cukup banyak rempah-rempah yang digunakan. Pokoknya enak dan lezat. Saya sampai tambah nasi putih. Tidak lupa saya makan juga perkedel jagungnya. Ini juga gurih dan garing. (Frans)

 

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.