Kompas.com - 14/12/2013, 16:33 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Bali telah melakukan identifikasi kawasan obyek wisata yang rawan macet di Pulau Dewata menjelang akhir tahun 2013. "Sejumlah kawasan rawan macet telah kami identifikasi untuk selanjutnya dipetakan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Bali, Komisaris Besar Beno Louhenapessy di Denpasar, Jumat (13/12/2013).

Menurut Beno, pemetaan tersebut sebagai bentuk antisipasi pihak kepolisian dalam kegiatan Operasi Zebra yang berlangsung hingga 23 Desember 2013 dan akan dilanjutkan dengan Operasi Lilin hingga awal tahun 2014.

Dia menjelaskan bahwa kawasan wisata rawan macet itu di antaranya di Kabupaten Gianyar yakni di kawasan Ubud, Sukawati, dan Bali Safari and Marine Park. Selain itu di kawasan Bedugul, Tanah Lot, keduanya berada di Kabupaten Tabanan serta Kuta di Kabupaten Badung.

Beno mengungkapkan bahwa penyebab terjadinya kemacetan itu umumnya akibat lonjakan kunjungan wisatawan yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Bali dan kapasitas jalan kecil yang tak seimbang dengan volume kendaraan. "Selain itu juga akibat jalan sempit sedangkan kantong parkir terbatas," ucapnya.

Dalam Operasi Zebra itu, Polda Bali menyasar ketertiban lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di tengah tingginya aktivitas masyarakat menjelang akhir tahun.

Jajaran Polda Bali sendiri mengerahkan sebanyak 1.034 personel yang terdiri dari petugas satuan wilayah di sembilan polres di Pulau Dewata sebanyak 854 personel dan 180 personel dari Polda Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.