370 Personel Jogobaran Jaga Malioboro

Kompas.com - 25/07/2014, 17:11 WIB
Jalan Malioboro, Yogyakarta. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOJalan Malioboro, Yogyakarta.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS — Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan 370 personel Satuan Tugas Jogobaran untuk membantu penjagaan kawasan wisata Malioboro pada masa libur Lebaran tahun ini. Petugas gabungan dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah itu bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan Malioboro yang bakal menghadapi lonjakan pengunjung selama Lebaran.

”Jogobaran itu kependekan dari Jogo Lebaran. Tugas mereka adalah membantu kepolisian mengamankan kawasan wisata Malioboro, termasuk mengatur lalu lintas kendaraan jika jalan macet,” tutur Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Kawasan Malioboro Ari Suryani, Kamis (24/7/2014), di Yogyakarta.

Ari menjelaskan, Satgas Jogobaran berisi personel gabungan dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Yogyakarta, seperti Dinas Ketertiban Yogyakarta, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, dan UPT Pengelola Kawasan Malioboro. Para petugas perlindungan masyarakat (linmas) dari beberapa kecamatan sekitar Malioboro, misalnya Jetis, Gedongtengen, dan Ngampilan, juga turut serta.

Menurut Ari, para petugas Jogobaran mulai bertugas 21 Juli hingga 3 Agustus 2014. Mereka akan disebar ke sejumlah wilayah Malioboro dan sekitarnya, yakni dari Jalan Mangkubumi hingga Lapangan Parkir Ngabean. Untuk memudahkan kerja mereka, dibangun sejumlah pos penjagaan, seperti di sekitar Lapangan Parkir Abu Bakar Ali, Pasar Beringharjo, dan Kantor UPT Pengelola Kawasan Malioboro.

”Pos utamanya ada di Kantor UPT Pengelola Kawasan Malioboro. Di pos itu kami bisa mengamati situasi Malioboro dan sekitarnya melalui kamera pemantau,” tutur Ari. Khusus di Jalan Malioboro, akan ada 100 petugas Jogobaran yang berjaga bergiliran selama 24 jam.

KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Stupa di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro Rudiarto menjelaskan, saat masa libur Lebaran, para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan itu kemungkinan akan memperpanjang waktu berjualan. Jika biasanya para PKL berjualan pukul 08.00-20.00, pada musim Lebaran mereka akan buka sampai dini hari.

Candi Borobudur

Sebanyak 500 personel juga disiapkan mengamankan Candi Borobudur di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 26 Juli hingga 10 Agustus. Para personel itu terdiri atas 140 polisi dan 360 orang lainnya adalah petugas keamanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta unsur lain, seperti petugas perlindungan masyarakat (linmas) Desa Borobudur dan Komando Rayon Militer.

Wakil Kepala Operasional I Kantor Unit Candi Borobudur Aryono Hendro Malyanto mengatakan, upaya pengamanan lain juga dilakukan dengan menambah jumlah pintu masuk yang dilengkapi dengan pemeriksaan menggunakan detektor logam. (HRS/EGI)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X