Kompas.com - 21/09/2014, 17:04 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BEPERGIAN ke luar negeri bagi sebagian orang masih terasa seperti mimpi yang entah kapan bisa terwujud. Tapi tahukah Anda, bahwa berlibur ke luar negeri ternyata tidak harus semahal dan semewah yang banyak disangka orang. Dengan perencanaan matang dan pemilihan destinasi yang tepat, siapapun bisa menikmati belahan bumi lainnya dan berlibur dengan senang.

Liburan hemat juga bukan berarti Anda harus irit makan atau minum atau malah menghilangkan esensi bersantai. Yang penting, dana disiapkan sejak lama dan kelola liburan dengan tepat. Destinasi berikut bisa membantu Anda sebagai referensi tujuan liburan luar negeri yang ternyata tidak semahal yang dikira banyak orang. Hanya dengan budget di bawah Rp 200 ribu, Anda bisa menikmati liburan di luar negeri dengan nyaman. Tunggu apa lagi?

1.  Kamboja

Negara di Asia Tenggara ini menjadi surga bagi pelancong yang memiliki dana terbatas. Tapi jangan khawatir karena di Kamboja, Anda bisa menemukan penginapan model hostel atau asrama dengan harga Rp 25 ribu semalam. Untuk makanan dan minuman sehari-hari pun sangat murah harganya. Paling-paling, Anda harus merogoh kocek sampai Rp 230 ribu untuk tiket masuk ke kawasan Angkor Wat yang terkenal itu. Selebihnya, semua sangat terjangkau.

2.  Nikaragua

Memang belum banyak orang yang tertarik berkunjung ke Amerika Tengah. Tapi siapa sangka, Nikaragua menyimpan sejuta potensi liburan yang mengasyikkan. Meski kalah pamor dengan negara di dekatnya, Kosta Rika, tapi Nikaragua menyuguhkan atraksi yang sebanding dengan Kosta Rika, tapi dengan biaya yang jauh lebih murah. Penginapan rata-rata dibandrol di harga tak sampai Rp 120 ribu per malam, dan harga minuman dan makanan berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu saja.

3.  Polandia

Mengunjungi Eropa Barat memang pasti menguras biaya lebih besar daripada Eropa Timur. Dan Polandia adalah salah satu negara di Eropa Timur yang bisa memberikan kesan liburan yang nyaman tapi sekaligus murah. Polandia kaya dengan sejarah dan arsitektur bangunan yang mewah dan berkelas. Tapi dari sisi harga, Polandia sangat murah dibanding negar Eropa lainnya. Satu paket makanan di restoran khas Polandia saja hanya berkisar Rp 50 ribu saja.

4.  Sri Lanka

Harga tiket kereta api antar daerah di Sri Lanka hanya berkisar Rp 20 ribu saja. Satu malam di penginapan hostel hanya menghabiskan biaya Rp 60 ribu dan makanan tradisional seperti sepiring kari dan nasi hanya dibandrol di harga Rp 12 ribu. Apalagi yang kurang? Bahkan untuk mengunjungi taman nasional yang banyak terdapat di Sri Lanka ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan dana Rp 120 ribu saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.