Kompas.com - 17/05/2015, 10:47 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Sape adalah pelabuhan paling timur di Pulau Sumbawa dan merupakan bagian Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan ini memiliki peran penting bagi kapal feri yang akan menyeberangkan wisatawan ke Labuan Bajo, di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Banyak dari teman traveler dan fotografer melewati Sape karena sudah tidak sabar ke Taman Nasional Komodo. Padahal di daerah Sape inilah ternyata banyak sekali pantai dan pulau pulau kecil yang sangat indah. Saya punya waktu sehari untuk mengeksplor keindahan Sape. Ternyata di sini ada kawasan pantai Lariti di mana untuk menuju ke sana saja jalanannya masih tanah dan berbatu. Tetapi disini kita bisa melihat pemandangan yang sangat memukau.

BARRY KUSUMA Menyeberang di atas pasir menuju ke sebuah pulau di pantai Lariti, Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.
Di kawasan Pantai Lariti inilah ada beberapa pulau. Uniknya dari pulau di Lariti ini ada jalan berpasir untuk menuju pulau. Untuk bisa menikmati Pulau Lariti dan agar bisa berjalan di atas jalan berpasir ini disarankan untuk datang  pada pagi hari. Alasannya, jam 7 sampai dengan jam 8 pagi adalah saat terbaik di mana air laut surut, dan jalan berpasir terlihat sangat jelas di sini.

Kalau sudah melewati jam 11 siang, air laut semakin pasang dan kita tidak bisa melihat lagi dengan jelas jalan berpasir ini. Sayangnya di sekitar pantai banyak terdapat tambak udang yang berpotensi merusak lingkungan sekitar.

BARRY KUSUMA Pelabuhan Sape di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kota Sape berjarak 3 jam perjalanan dari Kota Bima. Jika anda mampir di kota Bima saya sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi Sape dan terutama kawasan pantai Lariti ini, karena di sepanjang perjalanan kita bisa melihat banyak terasering sawah yang sangat memanjakan mata. (BARRY KUSUMA)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.