Kompas.com - 12/07/2015, 09:03 WIB
EditorI Made Asdhiana
TERJEBAK dalam rutinitas sehari-hari yang menyesakkan, sebagian besar warga Jakarta kadang lupa mereka tinggal di Ibu Kota negeri bahari yang sangat indah. Jangankan menyempatkan diri menikmati sudut-sudut Nusantara, sekadar tahu titik-titik menakjubkan di negeri sendiri pun kadang sudah tak sempat.

Alhasil, orang Jakarta kemudian berekreasi ke tempat "itu-itu saja". Seolah-olah keindahan laut dan pantai hanya ada di Bali atau Anyer. Kalaupun pergi lebih jauh, sebagian lebih memilih ke luar negeri, seperti Singapura, Thailand, atau Vietnam.

Belum banyak yang tahu, dengan waktu penerbangan yang kira-kira setara dengan Jakarta-Bangkok, kita sudah bisa menjelajahi sudut-sudut Nusantara yang penuh keindahan. Salah satu sudut itu adalah Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara.

Sejak sebelum pesawat mendarat di Pulau Ternate, pemandangan menakjubkan terpampang di depan mata. Deretan pulau-pulau yang sebenarnya adalah tubuh gunung-gunung berapi bermunculan bagaikan butiran zamrud di hamparan laut biru teduh. Pulau Ternate sendiri adalah tubuh Gunung Gamalama.

KOMPAS/DAHONO FITRIANTO Suasana taman di dalam reruntuhan Benteng Kastela di pantai barat Pulau Ternate, Kamis (4/6/2015). Benteng tersebut didirikan Portugis pada abad ke-16.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.