Bernostalgia di Coconut Garden Beach Maumere

Kompas.com - 20/02/2016, 16:10 WIB
Penginapan di Coconut Garden Beach, Maumere, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS/KORNELIS KEWA AMAPenginapan di Coconut Garden Beach, Maumere, Nusa Tenggara Timur.
EditorI Made Asdhiana
Nama Coconut Garden Beach tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Maumere, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini menjadi pusat wisata bahari yang ramai dikunjungi.

Pepohonan kelapa, hamparan pantai pasir putih landai, dan penataan tempat peristirahatan yang mengikuti arsitektur lokal Sikka memiliki daya tarik tersendiri. Sebanyak 700 batang kelapa berdiri kokoh dan rapi di areal seluas 2 hektar.

Perjalanan menuju Coconut Garden Beach (CGB) Maumere tidak sulit. Salah satu pusat pariwisata Maumere itu terletak di Kelurahan Waiara, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Pengunjung hanya butuh waktu 20 menit dari pusat kota Maumere dengan kendaraan ke arah timur. Hanya saja, jalan setapak dari ruas jalan aspal menuju lokasi masih jalan tanah sehingga becek saat musim hujan.

Lokasi itu ditata khusus untuk pengunjung yang datang berwisata, rapat instansi, dan menginap. Lokasi kawasan wisata itu mencakup areal seluas 2,5 hektar.

Pohon-pohon kelapa dengan ketinggian 15-20 meter berdiri kokoh dan rapi dengan jarak teratur di sepanjang pantai.

Delapan bungalo dibangun membentuk lingkaran berdiameter sekitar 10 meter. Atap bungalo itu berbentuk kerucut menyerupai rumah adat Sikka. Satu bungalow merupakan satu unit kamar tidur, layaknya kamar hotel berbintang.

Di depan kamar terdapat tiga kursi bambu dan dua tempat tidur ayunan dari keranjang di sebelah kiri dan kanan. Ketinggian bangunan sekitar 5 meter, berbentuk kerucut, dengan hiasan berbahan kulit kerang dan batu karang. Atap rumah terbuat dari belahan bambu.

Hening

Dua turis asing, Jumat (15/1/2016) siang, itu duduk membaca di depan teras kamar. Suasana hening dan sepi yang dipadu dengan lingkungan yang asri diminati wisatawan asing.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X