Kompas.com - 24/02/2016, 20:08 WIB
Kedung Pengilon. Tribun Jogja/Hamim ThohariKedung Pengilon.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANTUL, KOMPAS.com - Di tengah terkenalnya Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata, masih banyak tersimpan potensi wisata di kota pelajar ini.

Semisal di Kabupaten Bantul, terdapat potensi wisata alam yang belum banyak dikenal masyarakat luas, seperti air terjun Kedung Pengilon.

Berada di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kedung Pengilon bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda.

Lokasi air terjun ini berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Nuansa pedesaan dengan suasana asri akan menyambut setiap pengunjungnya.

Letak Kedung Pengilon berjarak sekitar 200 meter dari pemukiman warga. Dari lokasi parkiran kendaraan yang berada di halaman rumah salah satu warga, gemericik air dapat terdengar karena suasana di sana benar-benar tenang.

Untuk sampai di air terjun, perlu berjalan kaki sekitar lima menit melalui jalan setapak. Sesampainya di Kedung Pengilon, pengunjung akan mendapati air terjun dengan ketinggian kurang lebih 10 meter dengan bagian bawah berupa kolam berdiameter 15 meter.

Air yang mengalir di Kedung Pengilon begitu jernih sehingga kolam yang ada di bawahnya memiliki warna biru kehijauan.

Selain karena airnya yang jernih, warna kolam yang begitu cantik juga dihasilkan dari dasar kolam berupa batu putih, dan kedalamannya yang sekitar 5 hingga 8 meter.

Diungkapkan Hadi Wiyono (75) salah satu warga Dusun Petung, air yang mengalir ke Kedung Pengilon berasal dari sejumlah mata air yang ada di sekitar dusun tersebut.

Airnya kemudian mengalir melalui sungai dan akhrinya jatuh di Kedung Pengilon. Aliran sungai yang jauh dari pemukiman warga, menjadikan airnya begitu jernih dan tidak tercemar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X