Kompas.com - 02/06/2016, 12:35 WIB
Presiden AS Barack Obama dan Anthony Bourdain saat makan malam di sebuah kedai bun cha di Hanoi, Vietnam. STRAITS TIMESPresiden AS Barack Obama dan Anthony Bourdain saat makan malam di sebuah kedai bun cha di Hanoi, Vietnam.
|
EditorI Made Asdhiana

HANOI, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Presiden AS Barack Obama sempat menemani pembawa acara kuliner ternama Anthony Bourdain makan bun cha di Vietnam. Kedai mungil di Kota Hanoi itu kini jadi incaran wisatawan. 

Bun cha adalah kuliner khas Vietnam yang merupakan olahan bihun, terbuat dari tepung beras. Bun cha disajikan bersama aneka panggangan mulai dari sapi, ayam, sampai babi (pork). Makanan ini menjadi istimewa karena campuran sayur, rempah, serta saus khas Vietnam yakni Nouc Mam.

Presiden AS Barack Obama dan Anthony Bourdain sempat menyambangi salah satu kedai bun cha di Kota Hanoi. Nama kedainya Bun Cha Huong Lien, yang terletak di 24 Le Van Huu Street, Pham Dinh Ho.

VIETNAMNET.VN Kedai Bun Cha Huong Lien terletak di 24 Le Van Huu Street, Pham Dinh Ho. Kedai ini jadi pilihan Anthony Boudain saat menyantap bun cha bersama Presiden AS, Barack Obama.
Bagian luar kedai tersebut sama seperti restoran bun cha  pada umumnya. Sebuah etalase terpajang di bagian depannya. Di bagian dalamnya, kursi dan meja triplek berderet. Sangat sederhana.

(BACA: Apa Istimewanya Bun Cha, Mi Dingin Vietnam yang Disantap Obama?)

Mengutip Daily Mail, Kamis (2/6/2016), pemilik Bun Cha Huong Lien memang mengetahui akan ada kru televisi yang akan datang ke kedainya. Namun dia tidak tahu-menahu soal 'tamu khusus' yang akan datang malam itu. 

"Kehadirannya (Obama-red) di restoran kami benar-benar menjadi kejutan. Keluarga kami tidak pernah membayangkannya, bermimpi pun tidak," tutur Nguyen Thi Lien (54) kepada AFP.

Sore hari sebelum kedua 'tamu khusus' itu datang, US Secret Service menutup jalanan di sekitar Bun Cha Huong Lien. Usai makan bun cha, Obama sempat melambaikan tangan dan menyapa warga lokal sebelum kembali masuk ke dalam limousine-nya.

"Obama sangat ramah, murah senyum dan akrab dengan semua orang," tambah Nguyen Thi Lien.

LA TIMES Presiden AS Barack Obama usai menyantap bun cha di Hanoi, Vietnam.
Beberapa saat setelahnya, Bourdain yang merupakan pembawa acara 'No Reservations' mem-posting foto di Instagram dengan caption "The President's chopstick skills are on point." Tampak dalam foto, Obama memegang bir Hanoi di tangan kanannya.

Bourdain membayar 6 dollar AS untuk dua porsi bun cha dan bir Hanoi yang dipesan. Hal itu dipostingnya di twitter, "Total cost of bun cha dinner with the President: $6.00. I picked up the check."

Banyak wisatawan yang keliru antara bun cha  dengan pho, karena sama-sama terbuat dari olahan tepung beras. Namun perbedaannya mendasar: bun cha disajikan dingin sesuai suhu ruangan sementara pho disajikan hangat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.