Kompas.com - 14/07/2016, 10:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan sunblock adalah cara paling ampuh untuk melindungi kulit Anda, sekaligus mencegah kanker. Namun, apakah sunblock yang Anda gunakan ramah lingkungan?

Seringkali, yang diperhatikan banyak orang saat membeli sunblock hanyalah SPF-nya. Padahal, kandungan yang ada di dalam sunblock tersebut juga tidak kalah pentingnya.

Ada sunblock yang mengandung Oxybenzone, kandungan yang bisa merusak biota laut. Tim peneliti yang dipimpin oleh Craig Down dari Haereticus Environmental Laboratory di Virginia menemukan bahwa Oxybenzone benar-benar merusak terumbu karang.

Oxybenzone tidak hanya merusak biota laut yang telah dewasa tapi juga merusak komponen genetik yang membuat tidak bisa berkembang dengan sempurna. Oleh karena itu, sebelum membeli sunblock, ada baiknya perhatikan komposisinya terlebih dahulu.

"Ini kesalahan hampir semua orang, menggunakan sunblock tanpa melihat bahan-bahannya," tutur Nesha Ichida, Co-Founder & Director of Sustainability and Development Divers Clean Action, kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Bahan kimia Oxybenzone ada di hampir semua jenis sunblock. Oleh karena itu, Nesha mengimbau wisatawan untuk memilih dengan teliti.

Selain sunblock, wisatawan juga harus pintar memilih sabun dan sampo. Pantangan paling utama adalah sabun atau sampo yang mengandung microbeads, butiran-butiran mungil yang terbuat dari plastik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.