Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegelisahan Ignasius Suradin terhadap Pariwisata Manggarai Barat...

Kompas.com - 09/09/2016, 21:24 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com - Ignasius Suradin tidak henti-hentinya kedatangan tamu. Mejanya tidak pernah sepi.

Dengan menggunakan bahasa Inggris, pria asli Manggarai Barat, Nusa Tengara Timur itu tak henti-hentinya pula menjelaskan tentang Pulau Komodo, bagian dari tanah kelahirannya.

Ya, pria yang akrab disapa Ignas itu adalah satu dari 18 pengusaha agen perjalanan yang difasilitasi Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata unggulan Indonesia dalam perhelatan akbar International Travel Expo (ITE) Ho Chi Minh City (HCMC) 2016.

Acara itu dihelat di Saigon Exhibition Center, Ho Chi Minh City, Vietnam. Sejak 8 September 2016 hingga hari ini, promosi Ignas di Paviliun 'Wonderful Indonesia', laku keras.

Sejumlah pengusaha agen perjalanan dari luar negeri satu per satu mendatanginya. Mereka bertukar informasi soal apa saja yang ditawarkan Ignas di Pulau Komodo.

Para tamu juga menggali apa bentuk kegiatan di luar paket wisata reguler yang mungkin dilakukan.

"Pada hari pertama, sudah ada 20 orang (pengusaha agen perjalanan luar negeri) yang bertemu saya. Yang dari Vietnam sendiri, ada lima orang pengusaha," ujar Ignas saat berbincang dengan KompasTravel, Jumat (9/9/2016).

Rencananya, Ignas yang merupakan pimpinan dari perusahaan Fantastico Tour itu akan bertemu dengan 28 pengusaha agen perjalanan dari sejumlah negara pada hari ini.

Adapun, pada 10 September 2016 besok, tamu yang datang ke mejanya adalah masyarakat umum yang tertarik berwisata ke Pulau Komodo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com