Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Sendiki, Pesona Keindahan yang Minim Infrastruktur

Kompas.com - 10/01/2017, 09:01 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai yang menyimpan keindahan di pesisir selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pasirnya yang putih dan ombaknya yang tinggi serta fasilitas yang menunjang membuat pantai tersebut jadi pilihan banyak wisatawan.

Sayang, pantai yang tersembunyi di balik perbukitan itu tidak memiliki akses yang bagus. Wisatawan harus bersabar melintasi jalan yang rusak untuk menuju pantai yang ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan itu.

(BACA: Menikmati "Fun Rafting" di Malang Raya)

Jalan aspal berlubang dan bergelombang mewarnai sepanjang jalan menuju pantai tersebut. Tidak hanya itu, wisatawan juga harus melintasi jalan tidak beraspal sebelum akhirnya sampai di loket masuk pantai tersebut.

Jalan tidak beraspal itu sepanjang satu kilometer. Membelah pematang sawah dan penuh dengan bekas lumpur yang mulai mengering. Jika hujan, jalan itu berubah jadi kubangan lumpur.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Akses masuk menuju Pantai Sendiki di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (8/1/2017). Jalan tak beraspal itu sepanjang satu kilometer.
"Jalannya kok masih kayak gini," kata salah seorang wisatawan, Abdul Rosi kepada KompasTravel, Minggu (8/1/2017).

Tim Pantai Selatan Rescue untuk Pantai Sendiki, Kris Sugiantoro mengatakan, wisatawan di pantai tersebut cukup ramai. Tiap hari, jumlah wisatawan bisa mencapai 500 hingga 800 orang.

Ia menyebut, banyak wisatawan memilih lokasi itu karena terbuka selama 24 jam. Penjagaan pun juga dilakukan selama 24 jam. "Di sini yang jaga 24 jam. Jadi bergantian," ungkap Kris.

Fasilitas di pantai itu juga lengkap. Di sepanjang pantai terdapat ayunan yang biasa dibuat bermain para wisatawan.

Selain itu juga terdapat gazebo yang terbuat dari kayu, beratap jerami dan alang-alang. Gazebo tersebut berada di bawah pohon yang ada di pinggir pantai.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Sejumlah wisatawan saat bermain di sepanjang Pantai Sendiki, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (8/1/2017).
Pengelola juga menyediakan rumah kayu untuk wisatawan yang ingin bermalam. Rumah kayu itu ada atas pohon pinggir pantai tersebut. Tarifnya Rp 150.000 semalam.

"Rumah kayu itu muat orang empat. Sementara masih ada lima rumah," kata Kris.

Namun, tambah Kris, wisatawan yang tidak ingin sewa rumah kayu bisa mendirikan tenda di sepanjang pantai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com