Kompas.com - 19/04/2017, 17:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Boyolali merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berbatasan dengan Yogyakarta, Klaten, Surakarta, dan Salatiga.

Boyolali merupakan salah satu kabupaten dengan penghasil susu terbesar di Pulau Jawa. Selain susu, komoditi daging sapi di Boyolali juga melimpah.

Tak hanya produk susu dan daging sapinya saja yang terkenal, Boyolali juga punya banyak destinasi wisata yang tak boleh dilewati oleh wisatawan. Berikut KompasTravel rangkum beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Boyolali.

1. Gunung Merapi (Jalur Selo)

Siapa yang tak kenal Gunung Merapi, salah satu gunung vulkanik teraktif di Pulau Jawa dan bahkan di Indonesia. Lokasi Gunung Merapi terbagi antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mendapat potongan Gunung Merapi adalah Boyolali.

Di Boyolali juga terdapat jalur pendakian Gunung Merapi, yakni New Selo. New Selo merupakan pos awal pendakian Gunung Merapi yang terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

BACA: Nyadran di Selo, Merapi

Bagi Anda pecinta alam dan senang mendaki gunung, sudah tentu tidak boleh melewatkan Gunung Merapi dalam daftar destinasi. Namun sebelum mendaki, tetap perhatikan perlengkapan dan kondisi tubuh supaya dapat kembali ke rumah dengan selamat.

2. Umbul Tirtomulyo

Anda mempunyai hobi berenang, serta menyukai suasana kerajaan Jawa tempo dulu? Anda bisa menggabungkan keduanya dalam satu destinasi wisata, yakni Umbul Tirtomulyo. Umbul Tirtomulyo merupakan sebuah pemandian umum peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.