Wow, Ada 200 Menu Tempe di Jepang

Kompas.com - 30/05/2017, 04:08 WIB
Sushi tempe, sedikit berbeda dengan sushi pada umumnya, hanya lapisan tempe menghiasi bagian atas sushi. Hidangan ini menjadi olahan tempe yang cukup banyak diminati di Jepang. DOK. RUSTONOSushi tempe, sedikit berbeda dengan sushi pada umumnya, hanya lapisan tempe menghiasi bagian atas sushi. Hidangan ini menjadi olahan tempe yang cukup banyak diminati di Jepang.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com – Tempe bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi. Selain di Indonesia, ternyata tempe begitu populer di luar negeri. Terutama Jepang yang punya menu olahan tempe hingga 200 macam.

Warga Jepang ternyata juga menggemari kuliner asal Indonesia ini. Menurut pria yang dijuluki “King of Tempe” di Jepang, Rustono, kini masyarakat Jepang sudah familiar memasak kebutuhan sehari-hari dengan tempe.

“Di Jepang Anda bisa menemukan tempe di mana saja. Sudah familiar di restoran, katering, hotel, rumah sakit, hingga pesawat di Jepang,” ujarnya pada KompasTravel saat ditemui di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Ia mengatakan, bagi orang Jepang tempe merupakan bahan mentah yang bisa diolah setiap hari di rumah mereka. 

Berbeda dengan di Eropa. Beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Jerman dan yang lainnya menganggap tempe sebagai makanan khusus. Baik itu khusus diet, khusus vegetarian/vegan, juga sebagai pencegah penyakit atau makanan suplemen.

BACA: Jangan Salah, Ini Cara Terbaik Mengonsumsi Tempe

Di tempat terpisah, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor yang juga sekaligus Ketua Forum Tempe Indonesia, Made Astawan mengatakan bahwa konsumsi tempe di Eropa belum sebesar di Asia.

"Tempe masih menjadi makanan spesial dan dianggap makanan ajaib karena gizinya tinggi. Biasanya buat orang-orang vegan, untuk yang mengurangi kolesterol pilihannya tempe,” ujarnya pada KompasTravel di kediamannya, Selasa (23/5/2017).

DOK. RUSTONO Aneka olahan tempe dari Rustos Tempe di Mexico

Sustono mengakatakan bahwa saking sejajarnya tempe dengan berbagai makanan berbahan kedelai seperti tahu, menu olahan tempe di Jepang ada lebih dari 200 jenis.

Hal tersebut tertuang dalam buku kumpulan olahan tempe yang dikeluarkan beberapa koki di Jepang, berjudul “Enjoy Tempe”. Di dalamnya terdapat menu olahan tempe mulai dari burger tempe, steak tempe, miso tempe, tempe karaage, sushi tempe, sup tempe, dan yang lainnya.

BACA: Berminat Wisata Edukasi ke Rumah Tempe Indonesia? Ini Caranya...

Menurut Rustono, buku itu muncul karena banyaknya chef professional yang menekuni olahan tempe. Menu tempe tersebut pun mudah terduplikasi. Akhirnya populer, dan berkembang dengan banyak resep.

Meski begitu, ia meyakinkan, di mata orang Jepang, tempe tetap merupakan makanan asli Indonesia. Dalam kemasan tempe miliknya pun, tertera tulisan “Dari Indonesia Hadiah Untuk Dunia”.

“Saya tak bekerja keras mempopulerkan tempe sebagi makanan kesehatan di Jepang. Tapi ternyata ada ahlinya yang cerita. Seperti peneliti, chef yang sudah paham sendiri dengan hasil olahannya,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X