Ini Komponen Biaya Umrah Reguler yang Mesti Dibayar Jamaah

Kompas.com - 02/06/2017, 22:05 WIB
Kabah EPA/MOHAMED MESSARAKabah
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan umrah ke Tanah Suci kini bisa dilakukan baik secara  reguler maupun backpacker. Umrah reguler berarti jemaah membeli paket wisata lewat agen perjalanan.

Dalam paket wisata reguler, jemaah biasanya dijanjikan fasilitas-fasilitas seperti tiket pesawat hingga penginapan. Tentu, biaya umrah pun akan disodorkan di muka agar bisa bergabung dalam paket umrah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, komponen apa sajakah yang memengaruhi biaya umrah? Komponen-komponen itu tentu menentukan besaran biaya umrah yang mesti dibayarkan oleh calon jemaah.

BACA: Perbedaan Umrah Backpacker dan Reguler

Salah satu penulis buku "Umroh Backpacker: A to Z Ala Backpackeran", Elly Basrah Lubis mengatakan komponen-komponen biaya umrah yang biasa ditawarkan oleh travel agent yaitu tiket pesawat, land arrangement, biaya suvenir, jasa handling, manasik, biaya memberangkatkan ustaz/ustazah, biaya pemasaran, margin perusahaan, dan biaya-biaya lain. 

"Kalau komponen terbesar itu dalam umrah itu di harga tiket," kata Elly kepada KompasTravel beberapa waktu lalu di Bekasi.

Tiket pesawat yang ditawarkan oleh travel agent biasanya rute Jakarta - Jeddah. Untuk program umrah plus seperti umrah plus Turki biasanya, nantinya akan dikenakan biaya tambahan untuk pesawat.

BACA: Seberapa Murah Biaya Umrah ala Backpacker?

Untuk land arrangement, biaya umrah mencakup fasilitas-fasilitas selama di Saudi. Biaya itu seperti penginapan, transportasi, dan konsumsi selama umrah. Komponen lainnya adalah ustadz atau ustadzah.

"Umrah reguler itu ada biaya untuk memberangkatkan ustadz atau tour leader. Ustadz di sana nanti untuk membimbing jemaah umrah," tambah perempuan yang akrab disapa Mbak Butet itu.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X