Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Belanja Makanan lewat "Online"

Kompas.com - 09/06/2017, 07:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangnya e-commerce yang kian pesat membuat barang dan jasa yang ditawarkan ke konsumen semakin luas. Kini tak lagi mustahil untuk belanja makanan dari luar maupun dalam negeri lewat online, sekalipun makanan segar. 

"Untuk makanan yang banyak dibeli (online) pertama oleh-oleh atau produk khas makanan daerah. Kedua adalah snack," kata Lead Official Store PT Tokopedia Rizki Widyastuti, saat ditemui di acara peluncuran Esprecielo Artisan Java Brown Cofee di kantor pusat Tokopedia, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

(BACA: Melancong ke Yogyakarta, Pilih Becak atau Angkutan Online?)

Tak berbeda dengan membeli produk lain, Communications Lead dari Tokopedia, Siti Fauziah mengatakan ada beberapa kiat khusus untuk membeli makanan lewat online seperti membaca ulasan pembeli untuk mengetahui reputasi penjual dan mendiskusikan produk kepada penjual sebelum melakukan transaksi.

"Kalau untuk makanan ada baiknya mendengarkan rekomendasi seller (penjual) untuk pengiriman. Karena bagaimanapun mereka yang lebih berpengalaman untuk mengirim barang jualannya," sebut Siti.

Penjual makanan basah, umumnya akan merekomendasikan pengiriman sehari sampai kepada para penjual. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesegaran makanan.

Produk makanan yang dijual di Tokopedia sendiri sangat beragam, mulai dari pempek palembang, bakpia yogyakarta, pie susu bali, hingga kopi kemasan.

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com