BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Bango

Mengapa Daging Kambing Cocok Disajikan dengan Kecap Manis?

Kompas.com - 01/09/2017, 09:04 WIB
Seporsi Tongseng Kambing Pa Bagong Kartosuro KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASeporsi Tongseng Kambing Pa Bagong Kartosuro
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak kuliner kambing khas Indonesia yang mengandalkan kecap sebagai penambah cita rasa. Sebut saja sate, tongseng, nasi goreng, kambing bakar, dan olahan kambing lainnya. Mengapa masakan daging kambing cocok dipadukan dengan kecap?

"Kambing rasanya agak tajam atau harsh, jadi butuh sesuatu yang dapat memotong cita rasanya yang tajam itu," kata pengamat kuliner dan penggiat komunitas Pelestarian Kuliner Nusantara, Arie Parikesit, saat ditemui di acara jumpa pers Kecap Bango, Berkah Lezat Bango di Menteng, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

BACA: 4 Rekomendasi Kuliner Kambing Paling Top di Jakarta

Oleh karena itu, kecap manis yang memiliki cita rasa manis legit menurut Arie sangat cocok untuk menyeimbangkan cita rasa kambing yang tajam.

Arie sendiri mengatakan kecap manis adalah penyeimbang cita rasa kambing yang terbilang praktis, alias tinggal tuang saat memasak kambing. Selain kecap manis, ada elemen lain yang juga dapat menjadi penyeimbang dari cita rasa kambing.

"Bisa menggunakan aneka rempah yang memiliki rasa sangat kuat. Seperti yang kita lihat di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Aceh dengan masakan kari berbumbu kuat. Itu punya fungsi sama dengan kecap manis untuk memotong rasa kambing yang tajam," jelas Arie.

BACA: Daging Kambing Muda Lebih Enak? Tidak Juga...

Arie menjelaskan bahwa di Indonesia, daging kambing biasanya memang terbagi menjadi dua bumbu masak. Pertama bumbu kecap seperti sate, tongseng, dan nasi goreng. Kedua adalah bumbu rempah seperti gulai, tengkleng, gecok, kari, atau rica-rica.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya