Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Makan di Kendal Ini Menyediakan Tempat Wisata Gratis

Kompas.com - 30/10/2017, 06:25 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ada rumah makan yang menyediakan tempat wisata bagi pembelinya.

Nama rumah makan yang terletak sekitar 500 meter dari alun-alun Sukorejo itu adalah Rumah Makan Sate Subali.

(Baca juga : Tak Perlu ke Jepang, Restoran Khas Nagasaki Ada di Jakarta)

Menurut pemilik rumah makan, Mastur Syukur, ide membuat rumah makan plus tempat wisata karena prihatin dengan minimnya tempat wisata yang ada di daerah atas.

Di samping itu, juga ingin memberi nuansa santai bagi pembelinya.

Pengunjung studio saat selfi di studio 3 dimensi. Studio ini ada di Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pengunjung studio saat selfi di studio 3 dimensi. Studio ini ada di Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
“Rumah makan ini saya dirikan satu tahun lalu. Menu unggulan rumah makan kami adalah sate kambing yang dihidangkan di piring pans dan ayam kemul (daging ayam yang digoreng pakai telur,” kata Mastur, Minggu (29/10/2017).

(Baca juga : Ini Dia Daftar Restoran, Bar, dan Kafe Terbaik di Jakarta)

Menurut Mastur, semua pembeli gratis menikmati tempat wisata. Sehingga pembeli bisa menikmati makanan yang mereka pesan di taman yang diberi nama Taman Pusaka tersebut.

Pengunjung Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah.
 KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pengunjung Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah.
“Di taman itu, pembeli atau pengunjung bisa makan sambil melihat buaya, ikan hias, berbagai macam jenis ayam, naik mobil atau motor mini, bermain pasir magic, berburu mainan anak, dan lainnya,” ujar Mastur.

(Baca juga : Restoran Nyaman Berkonsep Rumah di Tengah Kawasan Kemang)

Selain itu, tambah Mastur, dirinya juga menyediakan studio 3 dimensi. Pengunjung, bisa juga berfoto selfie, dengan latar belakang pemandangan dan latar belakang yang menarik, seperti Hulk raksasa setinggi 3 meter, rumah dan kafe terbalik, foto di dalam peti mayat.

“Namun yang masuk ke studio ini, kami tarik biaya tiket sebesar Rp 10 ribu,” katanya.

Pengunjung studio saat selfi di studio 3 dimensi. Studio 3 dimensi ini berada di Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pengunjung studio saat selfi di studio 3 dimensi. Studio 3 dimensi ini berada di Rumah Makan Sate Subali di Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
Sementara itu, salah satu pengunjung rumah makan, Agus Umar, mengatakan bila liburan selalu mengajak keluarganya makan santai di Rumah Makan Sate Subali.

Selain rasa makanannya cocok di lidah keluarganya, juga bisa bersantai ria di tempat wisata. “Anak dan istri saya senang, itu yang terpenting,” kata Umar.

Warga Jepara yang lama tinggal di Cepiring Kendal ini mengaku kalau dirinya suka sate yang cara menghidangkannya dengan piring panas. Sementara anaknya, suka ayam kemul.

Pembeli saat berada di Taman Pusaka yang berada di Rumah Makan Sate Subali, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pembeli saat berada di Taman Pusaka yang berada di Rumah Makan Sate Subali, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
Senada dengan Umar. Sumardi (39) mengatakan, dirinya berasal dari Kecamatan Patean atau sekitar 10 kilometer dari Rumah Makan Sate Subali. Ia mengaku baru dua kali datang ke rumah makan itu, sambil jalan-jalan di tempat wisata.

“Anak saya senang bermain pasir magic dengan membuat bangunan bertingkat,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com