Hongkong Kembangkan Destinasi untuk Wisatawan Milenial Indonesia

Kompas.com - 07/12/2017, 15:02 WIB
Pelataran di depan Gedung Kesenian Hong Kong saat menyaksikan pertunjukan A Symphony of Lights dan Pulse Light Show di Victoria Harbour, Hong Kong, Jumat (1/12/2017). KOMPAS.com/Nabilla TashandraPelataran di depan Gedung Kesenian Hong Kong saat menyaksikan pertunjukan A Symphony of Lights dan Pulse Light Show di Victoria Harbour, Hong Kong, Jumat (1/12/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Populasi millenials Indonesia yang mencapai 36 persen dari total penduduknya, membuat banyak negara meliriknya sebagai pasar wisatawan. Tak terkecuali Hongkong yang sudah mempersiapkan beragam destinasi menariknya.

Regional Director South East Asia Hongkong Tourism Board, Simon Wong mengatakan di tahun 2017, jumlah milenial Indonesia yang datang ke Hongkong naik drastis.

“Kenaikan wisatawan milenial Indonesia naik hingga 71 persen di 2017 dari tahun sebelumnya,” ujarnya saat Media Gathering di Grand Indonesia, Rabu (6/12/2017).

(Baca juga : Mencicipi Dimsum Instagramable di Pusat Hongkong)

Menurutnya, dari data yang ia peroleh, milenial bisa bepergian tiga kali lebih sering dibanding generasi X. Dalam bepergian, 86 persen milenial lebih tertarik merasakan pengalaman budaya baru dan 69 persen ingin mencoba makanan khas di daerah yang dikunjungi.

Oleh karena itu Hongkong Tourism Board (HKTB) kini fokus memfasilitasi wisata berbasis budaya lokal dengan berbagai pengalaman menarik yang disuguhkan kepada wisatwan.

“Kita mau mendekatkan wisatawan dengan budaya lokal, di mana ia bisa menikmati Hongkong seperti layaknya masyarakat lokal,” ujarnya.

(Baca juga : Menikmati Sepoi Angin dan Sensasi Naik Trem di Hongkong)

Di dalam kota Hongkong yang tak begitu besar, wisatawan dapat menikmati ragam budaya dan banyak atraksi tanpa harus banyak menghabiskan waktu. Hanya dalam tiga hari dua malam, wisatawan milenial bisa menikmati wisata budaya, alam, dan kuliner khasnya.

Salah satu spot street art di kawasan Old Town Central, Hongkong.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Salah satu spot street art di kawasan Old Town Central, Hongkong.

Destinasi Milenial

Beberapa yang telah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan Indonesia ialah mempercantik kota tua dengan beragam karya futuristik seperti mural-mural yang instagenik di tengah kawasan bersejarah.

Tak hanya itu, di balik gedung-gedung pencakar langit Hongkong terdapat kekayaan alam yang eksotis. Kini kekayaan itu giat dipromosikan oleh HKTB dan para penyelenggara wisata di Hongkong.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X