Lima Fakta Menarik Central Park New York, Panutan Sandiaga untuk Monas

Kompas.com - 07/01/2018, 07:48 WIB
Ilustrasi musim gugur. ThinkstockphotosIlustrasi musim gugur.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyatakan keinginannya agar kawasan Monas memiliki konsep seperti taman di luar negeri. Central Park di New York, Amerika Serikat menjadi salah satu acuan konsep taman yang diinginkan oleh Sandi.

Sebagai taman yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat, Central Park memang menarik. Ada banyak fasilitas dan kegiatan yang dapat dilakukan di Central Park, New York, seperti yang KompasTravel rangkum berikut ini:

1. Sejarah Central Park

21 Juli 1853 New York State Legilature (Legislatif Negara Bagian New York) mengeluarkan undang-undang untuk membuat taman luas untuk umum, pertama di Amerika Serikat. Lokasinya di lahan Pulau Manhattan, New York.

Fungsi taman tersebut sebagai lokasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan pembentukan gerakan masyarakat. Frederick Law Olmsted and Calvert Vaux keluar sebagai pemenang sayembara desain taman pada 1858. Central Park New York lantas menjadi lambang demokrasi abad ke-19 Amerika Serikat.

2. Fasilitas di Dalam Taman

Dengan luas 341 hektar Central Park, New York didesain dengan indah dan alami. Taman ini dibagi menjadi 49 titik pembagian agar mudah dikelola. Di dalam Central Park ada air terjun mini, taman seluncur es, danau, konservasi air, taman konservasi, dan bangunan kuno seperti paviliun.

Hampir semua aktivitas olahraga dapat dilakukan di taman ini. Mulai dari berlari, bermain basket, baseball, berenang, bersepeda, ski di musim dingin, main layangan, bersepatu roda, berselancar es, sampai mengamati burung. Central Park juga cocok bagi pecinta sejarah dan seni karena ada banyak bangunan, patung, dan konser musik yang diadakan di taman.

Central Park, New York, Amerika Serikat.Dok. Central Park Central Park, New York, Amerika Serikat.

3. Paling Banyak Dikunjungi dan Jadi Lokasi Syuting

Central Park, New York adalah taman yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Dalam satu tahun sekitar 40 juta orang berkunjung ke taman ini. Tak hanya itu, Central Park juga menjadi lokasi yang paling sering dijadikan tempat syuting film. Jika pernah menonton film Spiderman, Maid in Manhattan, Night at the Museum, Home Alone, Enchanted, tentu tidak asing dengan latar taman di film itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X