Kompas.com - 02/03/2018, 13:27 WIB
Sebelum beranjak dari bandara, Menkeu Sri Mulyani mengajak rombongan berselfie di depan hamparan sawah yang juga menjadi daya tarik pemandangan bandara, Jumat (2/3/2018). Biro Humas Dinas Pariwisata BanyuwangiSebelum beranjak dari bandara, Menkeu Sri Mulyani mengajak rombongan berselfie di depan hamparan sawah yang juga menjadi daya tarik pemandangan bandara, Jumat (2/3/2018).

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/3/2018).

Tak hanya menikmati keindahan Gunung Ijen dengan mendakinya, rombongan menteri juga menjelajahi beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Dilansir dari siaran pers yang diterima KompasTravel, kunjungan Menko Luhut dan rombongan tersebut untuk meninjau kesiapan Banyuwangi menyambut Annual Meeting IMF dan Bank Dunia di Bali, Oktober 2018.

Baca juga : Sri Mulyani dan Luhut Mendaki ke Puncak Ijen, Ini Komentar Mereka

Banyuwangi telah ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi daerah penyangga Bali dalam ajang yang diikuti sekitar 15.000 orang delegasi dan peserta dari 189 negara.

"Sebagian delegasi penting dari berbagai negara dijadwalkan mendarat di Bandara Banyuwangi," tutur Dinie, Kepala Subbagian Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, saat dihubungi KompasTravel, Jumat (2/3/2018).

Baca juga : Sri Mulyani dan Luhut Binsar Mendaki Gunung Ijen Sampai Puncak Kawah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rombongan pun mengecek berbagai infrastruktur di antaranya Bandara Banyuwangi. Seperti diketahui sebelumnya, Terminal Bandara Banyuwangi merupakan terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia.

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Kamis (1/3/2018), untuk meninjau kesiapan daerah tersebut dalam menyambut Annual Meeting IMF dan Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.Biro Humas Dinas Pariwisata Banyuwangi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Kamis (1/3/2018), untuk meninjau kesiapan daerah tersebut dalam menyambut Annual Meeting IMF dan Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.
Mendarat di Banyuwangi, para menteri dan Gubernur BI disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Luhut dan rombongan diberi udeng, penutup kepala khas Suku Using, masyarakat asli Banyuwangi. Adapun Menkeu Sri Mulyani dikalungi scarf batik khas Banyuwangi.

Baca juga : Bandara Banyuwangi Targetkan Layani Rute Internasional pada 2019

Luhut dan rombongan kemudian berkeliling menyusuri terminal Bandara Banyuwangi yang baru saja beroperasi setelah dua tahun dibangun. 

Bupati Anas menerangkan, terminal bandara itu dibangun menggunakan dana APBD sebesar Rp 45 miliar. Sebagian besar bahan yang digunakan adalah kayu bekas.

Baca juga : Menpar: Gunung Ijen Lebih Dikenal Dibandingkan Banyuwangi

Menurutnya terminal bandara tersebut mengedepankan konsep "rumah tropis" dengan penghawaan alami, sehingga nyaris tanpa AC. Desain interior minim sekat untuk menjamin sirkulasi udara dan sinar matahari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.