5 Kuliner Khas Bali-Lombok Selain Ayam Taliwang dan Bebek Betutu

Kompas.com - 12/04/2018, 07:21 WIB
Ayam bakar sasak khas Lombok di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ayam bakar sasak khas Lombok di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara masakan Bali dan Lombok, yang paling terkenal ialah ayam taliwang dan bebek betutu. Padahal masih banyak hidangan khas Bali dan Lombok yang tidak kalah nikmatnya.

Salah satu resto yang menghadirkan hidangan otentik dari Bali dan Lombok di Jakarta ialah Resto Taliwang Bali. Ada 80 hidangan khas Bali dan Lombok yang disajikan di resto ini, mulai rujak, sup, sayur, hidangan utama, jajanan, hingga minuman.

Baca juga : 5 Hidangan Vegetarian ala Bali dan Lombok yang Wajib Anda Coba

Berikut lima hidangan khas Bali dan Lombok yang wajib dicoba selain ayam taliwang dan bebek betutu, rekomendasi Resto Taliwang Bali.

1. Ayam Bakar Sasak

Hidangan khas Lombok ini cukup sulit ditemui di Bali, apalagi di Jakarta. Renny pemilik Resto Taliwang Bali mengatakan di tanah kelahirannya hidngan ini jadi masakan rumah tangga baik harian maupun momen tertentu.

Baca juga : Cari Masakan Tradisional Bali dan Lombok di Jakarta? Ini Tempatnya

Hidangan ini berbahan dasar ayam kampung, yang dibakar kemudian digoreng menggunakan bumbu khas. Sekilas seperti ayam geprek yang digeprek dengan sambal tomat dan cabai khas Lombok.

Suasana di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

2. Ikan Nyat Nyat Bangli

Hidangan yang berbahan dasar ikan mujair ini digoreng lalu dimasak dengan bumbu hingga habis meresap.

Sepintas sajiannya mirip pesmol khas daratan Sunda, perbedaannya ternyata ada di bumbunya. Walaupun sama-sama kuning, bumbu khas daerah Bangli memiliki cita rasa yang sedikit lebih asam dan gurih.

3. Tipat Mekuah

Salah satu sajian ketupat yang mirip dengan ketupat lebaran dan lontong cap go meh, dengan potongan ketupat yang diguyur kuah kuah santan kemerahan, ditemani ayam kampung, sambal goreng ati, tahu, tempe, telur, dan sayur nangka muda.

Namun yang menjadi ciri khasnya ialah terdapat sate lilit dan bumbu kuning khas Bali di atasnya.

4. Tipat Cantok

Sekilas hidangan ini sangat mirip dengan gado-gado atau ketoprak, tetapi jika dicermati terdapat perbedaan. Tipat sendiri dalam bahasa Bali berarti ketupat, yang jadi salah satu komponen wajib dalam hidangan ini.

Tipat cantok khas Bali di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tipat cantok khas Bali di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta.
Berbeda dengan ketoprak yang menggunakan suun, tipat cantok ini berisikan irisan kacang panjang, bayam, irisan tempe dan tahu, tauge, dan timun sebagai pelengkap.

Rasanya mirip dengan gado-gado, dengan saus kacang yang diulek kasar. Rasa pedas pun tidak terlalu dominan dalam bumbunya.

5. Sup Ikan Sanur

Sup ikan ini berbahan dasar ikan tenggiri, dimasak hingga keluar minyaknya yang menjadi kuah. Dalam penyajiannya, ikan tersebut disajikan berkuah dan dilumuri sambal matah.




Close Ads X