Kompas.com - 12/04/2018, 07:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara masakan Bali dan Lombok, yang paling terkenal ialah ayam taliwang dan bebek betutu. Padahal masih banyak hidangan khas Bali dan Lombok yang tidak kalah nikmatnya.

Salah satu resto yang menghadirkan hidangan otentik dari Bali dan Lombok di Jakarta ialah Resto Taliwang Bali. Ada 80 hidangan khas Bali dan Lombok yang disajikan di resto ini, mulai rujak, sup, sayur, hidangan utama, jajanan, hingga minuman.

Baca juga : 5 Hidangan Vegetarian ala Bali dan Lombok yang Wajib Anda Coba

Berikut lima hidangan khas Bali dan Lombok yang wajib dicoba selain ayam taliwang dan bebek betutu, rekomendasi Resto Taliwang Bali.

1. Ayam Bakar Sasak

Hidangan khas Lombok ini cukup sulit ditemui di Bali, apalagi di Jakarta. Renny pemilik Resto Taliwang Bali mengatakan di tanah kelahirannya hidngan ini jadi masakan rumah tangga baik harian maupun momen tertentu.

Baca juga : Cari Masakan Tradisional Bali dan Lombok di Jakarta? Ini Tempatnya

Hidangan ini berbahan dasar ayam kampung, yang dibakar kemudian digoreng menggunakan bumbu khas. Sekilas seperti ayam geprek yang digeprek dengan sambal tomat dan cabai khas Lombok.

Suasana di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (10/4/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana di resto Taliwang Bali, Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

2. Ikan Nyat Nyat Bangli

Hidangan yang berbahan dasar ikan mujair ini digoreng lalu dimasak dengan bumbu hingga habis meresap.

Sepintas sajiannya mirip pesmol khas daratan Sunda, perbedaannya ternyata ada di bumbunya. Walaupun sama-sama kuning, bumbu khas daerah Bangli memiliki cita rasa yang sedikit lebih asam dan gurih.

3. Tipat Mekuah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.