Wings Air Buka Penerbangan Langsung Surabaya-Labuan Bajo

Kompas.com - 28/06/2018, 18:00 WIB
Beberapa kapal cepat yang membawa wisatawan bersandar di salah satu dermaga di Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015) pagi. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoBeberapa kapal cepat yang membawa wisatawan bersandar di salah satu dermaga di Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/11/2015) pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wings Air akan membuka rute dari Surabaya menuju Labuan Bajo, mulai 8 Juli 2018. Penerbangan tersebut dilayani secara regular pergi pulang (PP) setiap Selasa, Sabtu, dan Minggu.

Penerbangan dengan nomor IW1908, dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) pukul 08.30 WIB dan tiba di Bandar Udara Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (LBJ) pada 11.35 WITA.

Rute sebaliknya di hari yang sama, penerbanagn nomor IW1809 berangkat dari Labuan Bajo pukul 12.45 WITA dan mendarat di Surabaya pada 13.50 WIB.

Berdasarkan siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (28/6/2018), dalam tahap awal, layanan penerbangan langsung itu tersedia tiga hari dalam sepekan.

Untuk penerbangan tersebut, Wings Air mengoperasikan armada terbaru turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Operations Director of Wings Air, Redi Irawan mengatakan, dengan adanya rute tersebut diharapkan bisa menyediakan fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi pelanggan maupun masyarakat ketika bepergian serta kelancaran arus logistik.

“Pembukaan rute perdana itu berdasarkan tingginya permintaan traveler yang mengharapkan tersedianya penerbangan langsung khususnya sektor pariwisata dan bisnis/ perdagangan," tutur Redi.

Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.Hafid Kustantyo/Wings Air Wings Air ATR 72-500 PK-WFW untuk penerbangan Surabaya-Labuan Bajo PP.
Menurutnya dengan waktu tempuh hanya dua jam lima menit, dapat mempersingkat waktu dan memperpendek jarak, tanpa harus singgah terlebih dahulu di suatu kota.

Ia optimis, layanan tersebut mampu membantu meningkatkan potensi perekonomian di kedua kota agar semakin mengeliat.

Penerbangan Surabaya ke Labuan Bajo adalah salah satu strategi pengembangan bisnis ke wilayah Indonesia tengah dan timur sejalan mendukung program pemerintah dalam mendatangkan wisatawan untuk mengembangkan pariwisata nasional.

Dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Timur melalui pintu masuk Juanda pada Maret 2018 naik 34,71 persen dibanding jumlah kunjungan wisman Februari 2018, yaitu dari 23.094 kunjungan menjadi 31.110 kunjungan.

Menurut data dari Angkasa Pura I, Bandar Udara Internasional Juanda pada triwulan pertama 2018, trafik penumpang di Juanda mencapai 4,99 juta penumpang yang tumbuh 8,23 persen dibanding triwulan pertama 2017 yaitu 4,6 juta pergerakan penumpang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X