Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2018, 15:08 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasi menjadi makanan pokok dari sebagain besar orang Indonesia. Untuk itu, pengolahan nasi di Indonesia bisa dibilang sangat variatif.

Ada beragam olahan dengan berbagai rasa dan berbagai warna. Pencinta olahan nasi tentu akan suka dengan sajian berikut ini:

1. Nasi Goreng

Nasi goreng yang dimasak menggunakan anglo.Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim Nasi goreng yang dimasak menggunakan anglo.

Hidangan yang akrab bagi orang Indonesia, nasi goreng. Nasi goreng adalah nasi yang dioseng dengan campuran utama kecap dan aneka bumbu seperti bawang goreng dan bawang putih.

Saking populernya nasi goreng di Indonesia, Kementrian Pariwisata menetapkan nasi goreng sebagai salah satu dari lima makanan nasional selain soto, rendang, sate, dan gado-gado.

Nasi goreng sendiri sebenarnya ada banyak versi di setiap negara penyantap nasi. Ada nasi goreng xo dari Hongkong, nasi goreng kimci dari Korea, dan nasi goreng tom yum dari Thailand.

2. Nasi kuning

Sajian nasi kuning cakalang dalam penerbangand alam negeri Citilink.Dok. Citilink Sajian nasi kuning cakalang dalam penerbangand alam negeri Citilink.
Di Indonesia bagian Tengah seperti Sulawasi, sajian nasi kuning sangat populer. Banyaknya orang Sulawesi yang merantau ke Papua juga membuat hidangan ini populer.

Sesuai namanya nasi kuning berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Jika menyantap nasi kuning khas Sulawesi biasanya akan didampingi lauk pendamping seperti ikan masak kecap atau sambel, kering kentang balado, telur rebus, dan buncis.

Berbeda dengan nasi kuning khas Sulawesi, nasi kuning khas Jawa lauk pauknya biasa selalu ada di pinggiran tumpeng.

3. Nasi uduk

Nasi uduk Jengkol Djatinangor, salah satu menu di Festival Kuliner Ngabuburit yang dapat dinikmati wisatawan, Rabu (31/5/2017). Selain ini ada 52 stan makanan dan minuman lainnya yang bisa dinikmati di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Nasi uduk Jengkol Djatinangor, salah satu menu di Festival Kuliner Ngabuburit yang dapat dinikmati wisatawan, Rabu (31/5/2017). Selain ini ada 52 stan makanan dan minuman lainnya yang bisa dinikmati di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading.
Serahkan beras kepada orang Betawi niscaya akan berubah menjadi nasi uduk nan lezat. Nasi uduk merupakan hidangan khas Betawi. Nasi diaron dengan santan, daun salam, aneka bumbu, dan rempah lainnya.

Nasi uduk sebenarnya bisa disantap dengan lauk apapun. Namun jika ingin mencoba yang khas Betawi asli, biasanya lauk nasi uduk adalah semur jengkol dan empal. Sentra nasi uduk di Jakarta ada di kawasan Tanah Abang dan Rawa Belong.

4. Nasi Liwet

Penyajian Nasi Liwet Sunda di Cirebon, lengkap dengan ketel penanak nasi.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penyajian Nasi Liwet Sunda di Cirebon, lengkap dengan ketel penanak nasi.
Nasi liwet ada dua versi sesuai daerahnya. Ada versi Sunda, ada versi Solo. Cara paling mudah untuk membedakannya adalah lewat penyajian. Biasanya nasi liwet Sunda disajikan di kastrol, nasi liwet Solo di pincuk daun pisang.

Selanjutnya nasi liwet Sunda biasanya aneka bumbu dan rempah dimasak bersamaan degan nasi dan ikan asin. Lantas disantap dengan anaka lauk goreng seperti tahu, tempe, ayam goreng, dan lalapan.

Berbeda dengan nasi liwet khas Solo, nasi tidak dimasak dengan campuran ikan asin. Lauk ayng paling membedakan adalah telur areh (telur santan), sayur labu siam, ayam suwit ungkep, dan telur pindang. Baik nasi liwet Sunda maupun nasi liwet Solo sama sama lezat.

5. Nasi Hainan

Hidangan ayam rebus, panggang, dan nasi hainan ala Wee Nam Kee.Kompas.com/Silvita Agmasari Hidangan ayam rebus, panggang, dan nasi hainan ala Wee Nam Kee.
Nasi hainan adalah olahan nasi orang Tionghoa yang berasal dari Hainan, China. Cara memasak nasi hainan adalah beras dimasak bersama jahe, daun pandan, kaldu ayam, dan lemak ayam. Nasi hainan bisa disajikan dengan ayam rebus dan kuah kaldu ayam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com