Kompas.com - 28/09/2018, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day (WTD) Celebration diadakan oleh Pasific Asia Travel Assosiation (PATA) Indonesia Chapter, Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) dan Kementerian Pariwisata Indonesia (Wonderful Indonesia) selama dua hari yaitu 27 hingga 28 September 2018 di Podomoro University.

Tema yang diangkat dalam perayaan Hari Pariwisata Dunia tahun ini yaitu "Tourism and The Digital Transformation".

Tema ini ingin menyoroti kebutuhan akan investasi dalam teknologi digital yang dapat membantu perkembangan lingkungan hidup masyarakat untuk inovasi dan kewirausahaan di bidang pariwisata.

"Jadi tema ini telah dicetus oleh Majelis Umum Organisasi Pariwisata Dunia, ini untuk memfokuskan dan menitikberatkan pada pentingnya digital transformation, bagaimana kita manusia sebetulnya, bukan hanya pariwisata, semua aspek itu memaksimalkan keberadaan digital dan karena kita di tourism kita memfokuskan tourism-nya," kata Ningsih A. Chandra, Secretary General PATA ketika ditemui KompasTravel dalam perayaan WTD di Auditorium Podomoro University, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Acara ini juga didukung oleh berbagai institusi  dan asosiasi yaitu Podomoro University, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Universitas Pancasila, Universitas Bunda Mulia, BINUS University, President University, Universitas Pelita Harapan, HILDIKTIPARI, El John Indonesia, dan Tanjung Lesung.

Dalam rangka peringatan WTD, juga diadakan Konferensi Pariwisata bagi Insan Pariwisata Muda (the Millenials) yang dilaksanakan untuk pertama kalinya, dengan tema “Digital Technology Trends for The Youth Market”.

Tujuan konferensi ini untuk saling tukar menukar gagasan dan pengalaman di antara pegiat pariwisata muda termasuk mahasiswa pariwisata dari berbagai daerah yang memiliki keanekaragaman budaya dan ekologi.

Interaksi yang terjadi nantinya dapat memprovokasi komunikasi dan dialog serta memberikan pengalaman belajar yang tak tertandingi guna mengangkat keunikan dan keotentikan daerahnya masing-masing sebagai suatu destinasi pariwisata yang berdaya tarik dan berdaya saing tinggi.

Ikrar pemuda-pemudi pariwisata Indonesia yang diikrarkan pada hari pertama (27/9/2018)  oleh peserta dan undangan di Sky Bridge Centra Park, Jakarta.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARYA Ikrar pemuda-pemudi pariwisata Indonesia yang diikrarkan pada hari pertama (27/9/2018) oleh peserta dan undangan di Sky Bridge Centra Park, Jakarta.
Perayaan hari pertama (Kamis, 27/9/2018) WTD dihadiri oleh finalis Puteri Pariwisata Indonesia 2018 dari berbagai daerah. Ada juga Digital Tourism Workshop dan Competion dengan pembicara Teguh Sudarisman dan Kiky Asthonya.

Acara ditutup dengan ikrar Pemuda Pemudi Pariwisata oleh mahasiswa-mahasiswi, tamu undangan, dan finalis Puteri Indonesia di Sky Bridge Central Park Jakarta. Setelah itu menerbangkan balon warna-warni dengan digantungkan tulisan "Word Tourism Day 2018".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.