Mengenal 10 Negara Rekomendasi Liburan Terbaru dari Lonely Planet - Kompas.com

Mengenal 10 Negara Rekomendasi Liburan Terbaru dari Lonely Planet

Kompas.com - 07/11/2018, 15:15 WIB
Menurut pengembang, fase pembangunan ini akan menambahkan sekitar 65 juta meter kubik pasir atau setara dengan 17 miliar galon.CHEC Port City Colombo (Pvt) Ltd Menurut pengembang, fase pembangunan ini akan menambahkan sekitar 65 juta meter kubik pasir atau setara dengan 17 miliar galon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia baru saja mendapat penghargaan sebagai Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet. Posisi Indonesia berada di urutan ketujuh.

Penghargaan tersebut diterima Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat acara World Travel Market (WTM) 2018, di London, Selasa (6/11/2018).

Selain Indonesia, ada sembilan negara lainnya yang juga menerima penghargaan dari Lonely Planet. Dalam daftar itu, Sri Lanka menempati peringkat pertama. Diikuti Jerman dan Zimbabwe pada posisi 2 dan 3.

Baca juga: Saran Lonely Planet: Pergilah Sekarang ke Indonesia!

Sedangkan peringkat 4, 5, 6, berturut-turut diduduki oleh Panama, Kyrgyzstan, dan Yordania. Indonesia berada di peringkat 7, di atas Belarusia, Sao Tome and Principe, dan Belize yang dipilih diperingkat 8, 9, dan 10.

Berikut KompasTravel rangkum untuk mengenal wisata ke sembilan negara yang mendapat penghargaan pariwisata tersebut:

1. Sri Lanka

Negara yang berbatasan laut dengan Maladewa dan India ini tidak membuatnya minder. Terbukti Sri Lanka dinobatkan Lonely Planet sebagai destinasi wisata nomor satu yang layak untuk dikunjungi.

Baca juga: Sri Lanka, Rekomendasi Utama Lonely Planet untuk Dikunjungi 2019

Sri Lanka menyuguhkan obyek wisata yang cukup komplet bagi wisatawan, mulai sejarah, religi, hingga bentang alam yang pun tidak kalah indah dari tetangganya.

Sebut saja Nuwara Eliya, kota dengan banyak perbukitan teh, dan Pantai Unawatuna untuk wisata alam. Lalu ada Anuradhapura dan Polonarua, dua kota tua terbesar dengan banyak jejak peradaban yang megah pada masanya.

Anda juga bisa menikmati menyelam dengan paus biru atau menonton lumba-lumba spinner melompat di Kalpitiya.

Wisata di kota ini terkenal cukup murah bagi pelancong Indonesia. Selain karena biaya hidupnya murah, transportasi murah, juga nilai tukar mata uangnya masih di bawah Indonesia. Saat ini 100 Rupee Sri Lanka sama dengan Rp 8.500.

2. Jerman
Tembok Berlinbritannica Tembok Berlin

Negara yang satu ini jangan ditanya soal pariwisata. Jerman punya banyak hal menarik terutama soal sejarahnya yang memukau.

Baca juga: Tembok Berlin, Dibenci Sekaligus Dirindu...

Negara Eropa Barat ini memiliki kota-kota besar yang wajib untuk Anda jelajahi pesona wisatanya. Di Berlin Anda bisa mengunjungi Bradenburg Gate, di Kota Lubeck ada Benteng Holetentor, juga jangan lewatkan kota tua Heidelberg berbagai peninggalan kerajaan dan bangunan tua masih berfungsi.

Salah satu pesona alamnya ialah Rugen Cliffs, biasa disebut Rugia Island, berada di antara Pomeranian dan Laut Baltik. Area ini terkenal sebagai destinasi wisata karena pantai pasir putihnya yang cantik, landscape alami yang berbeda, serta aritektur resort yang memukau.

3. Zimbabwe

Meski tidak memiliki pantai, negara Afrika Selatan ini menawarkan kehidupan alam liar yang tidak ada duanya. Tempat untuk menemukan keistimewaannya ialah di beberapa taman nasionalnya.

Pertama, ada Taman Nasional Hwange. Wisatawan bisa memandangi ratusan jenis flora dan fauna khas yang setiap harinya wara-wiri di sana. Selain Hwange, ada juga taman nasional Matobo Hills, Mana Pools, dan Nyanga yang bisa dikunjungi di Zimbabwe.

Zimbabwe juga punya salah satu air terjun terbesar di dunia, yaitu Air Terjun Victoria yang mengaliri hutan hujan di Zimbabwe, dan beragam flora dan fauna bergantung oleh aliran airnya.

4. Panama
Avenida Balbo, Panama CityThinkstock Avenida Balbo, Panama City

Republik Panama adalah sebuah negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah, sebelah utara berbatasan dengan Laut Karibia, selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik. Sudah pasti menyuguhkan banyak wisata bahari.

Sebagai wisatawan Anda akan mendapat asuransi perjalanan gratis selama melancong di negara yang dahulu Gran Columbia tersebut.

Salah satu negara yang paling maju di Amerika Latin ini juga dikenal cukup aman untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Pantai-pantai terbaiknya ada Isla Perro, Playa Ejecutiva, dan banyak lagi. Ada juga taman nasional seperti Portobelo National Park, Chagres National Park, dan masih banyak lagi.

5. Kyrgystan

Beberapa hal menarik untuk wisatawan di Kyrgistan ialah Pegunungan Tian-Shan yang sangat terkenal di kalangan penulis dan produser karena pemandangannya yang luar biasa khususnya setelah musim dingin.

Video game seperti Indiana Jones and The Infernal Machine dan Call of Duty: Modern Warfare 2 menggunakan scan tempat ini sebagai lokasi gambaran dalam gamenya.

Danau Son-Kul di Naryn juga mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan yang hanya dapat dimasuki dari bulan Juni sampai September melalui jalan Sary-Kul.

Negara ini juga punya jalur sutera dunia, yaitu di Kota Osh yang merupakan jalur perdagangan penting Asia dan Eropa sepanjang 7.000 mil. Monumen/patung banyak terdapat di kota Osh, seperti patung Kurmanjan Datka dan patung Lenin. Di Osh juga terdapat pegunungan Sulayman, yaitu situs peninggalan dari tahun 689 yang masuk dalam situs budaya UNESCO.

6. Yordania
Kota PetraYongyut Kumsri/Shutterstock Kota Petra

Meski diapit beberapa negara yang sedang konflik "Arab Springs" Yordania tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi. Negara ini tidak terimbas keamanan dan ke stabilannya, terutama bagi wisatawan.

Bagi penyuka wisata petualangan, Yordania punya banyak pilihan wisata yang cukup menantang adrenalin. Seperti olahraga air di Wadi Mujid, berkemah di Wadi Rum hingga pengalaman menunggangi unta melewati gurun pasir merupakan beberapa di antaranya.

Petra yang sering disebut dengan Kota Mawar Kuno merupakan salah satu objek wisata paling populer di Yordania. Selain Petra, masih banyak objek wisata lainnya yang juga tak kalah menarik. Seperti Amman, wilayah modern Yordania yang kaya akan sejarah, Cagar Alam Dana dengan hamparan lembah menakjubkan atau kota tua Madaba.

7. Belarusia

Negara di Eropa Timur ini jadi salah satu yang membebaskan visa bagi wisatawan asal Indonesia. Di sana amat terkenal dengan wisata kotanya yang menakjubkan.

Terdapat banyak benteng, castil di tengah kota yang mengundang decak kagum wisatawan, seperti Radziwill Castle dan Mir castle yang memiliki banyak ruangan bawah tanah.

Anda juga bisa menikmati pesona alamnya di Belovezhskaya Pushcha yang merupakan rumah ribuan byson eropa, lalu ada Taman Nasional Pripyatsky sebagai "Amazon-nya Belarus" karena luasnya hutan dan rawa, tentu juga kaya akan ragam flora dan fauna.

8. Sao Tome and Principe

Salah satu negara terkecil di Afrika ini merupakan negara kepulauan yang terletak 300 km dekat garis khatulistiwa, dan 250 km dekat Samudra Atlantik.

Negara ini menyuguhkan pesaona wisata alam yang masih otentik, terutama wisata baharinya yang cukup terkenal. Salah satunya ada Pantai Banana, dengan pasir putih dan taman bawah laut yang indah.

9. Belize

Belize memiliki area terumbu karang terbesar kedua di dunia. Belize juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata utama bagi para penyelam dan pecinta snorkeling. Ada banyak area populer untuk menyelam dan melakukan snorkeling di negara ini, akan tetapi destinasi yang paling terkenal adalah Great Blue Hole.

Lubang besar di dalam lautan ini menjadi terkenal setelah perwira angkatan laut asal Perancis, Jacques Cousteau, menyebut Great Blue Hole sebagai satu dari 10 situs scuba diving terbaik di dunia.

Selain bawah lautnya, negara ini juga jadi salah satu pusat peradaban Suku Maya yang sempat jaya pada masanya. Anda bisa menelusuri bukti peninggalannya di perbukitan yang indah hingga goa-goa yang artistik.



Close Ads X