Ingin Liburan Hemat ke Pulau Nusa Penida? Ini Tipsnya .... - Kompas.com

Ingin Liburan Hemat ke Pulau Nusa Penida? Ini Tipsnya ....

Kompas.com - 13/11/2018, 15:10 WIB
Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

BALI, KOMPAS.com - Melihat tebing-tebing tinggi di tengah birunya laut, pantai berpasir putih yang cantik, hingga berfoto di rumah pohon dengan latar batuan karst, siapa yang tidak mau? Destinasi-destinasi wisata semacam ini dapat anda temukan di Pulau Penida.

Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung.

Lalu berapa biaya berlibur ke Pulau Penida? Berikut tips hemat berlibur ke Nusa Penida bagi anda yang sudah berada di Bali.

1. Siapkan tiket penyebrangan

Tiket penyebrangan merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan sebelum berlibur ke Nusa Penida. Dari Bali anda dapat menyeberang ke Pulau Nusa Penida melalui Pelabuhan Sanur dengan tujuan akhir Pelabuhan Banjar Nyuh.

Di Pelabuhan Sanur sudah banyak agen fast boat yang rata-rata memtok harga Rp 75.000 sekali menyeberang.

Untuk menghindari antrean panjang dan keterbatasan tiket menyeberang, sebaiknya anda melakukan booking tiket terlebih dahulu paling tidak 2 hingga 1 hari sebelum keberangkatan.

"Sebetulnya kalau anda beruntung, tiket bisa dibeli on the spot. Tapi saya sarankan pesan tiket dulu dari pada kehabisan," ujar pemandu Media Trip Pegipegi bertajuk "Jelajahi Indonesiamu", Putu Reza, Minggu (11/11/2018).

Pantai Diamond yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Pantai Diamond yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Selain itu, anda juga harus memperhatikan jam keberangkatan fast boat.

Fast boat berangkat dari Pelabuhan Sanur pada pukul 08.15, 10.45, dan 15.00 WITA. Sedangkan dari Pelabuhan Banjar Nyuh fast boat berangkat setiap pukul 09.15, 14.15, dan 17.00 WITA.

Jadi, jangan sampai ketingan sampai ketinggalan fast boat ya!

2. Sewa kendaraan

Sesampainya di Pelabuhan Banjar Nyuh jangan kaget jika banyak warga yang akan menawarkan sewa motor atau mobil dengan sedikit memaksa.

Namun, kendaraan sewa merupakan satu-satunya tranportasi yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling Nusa Penida.

Harga sewa motor untuk wisatawan domestik sekitar RP 75.000 untuk sehari. Sedangkan harga sewa mobil sekitar Rp 500.000. Harga ini dapat menjadi pedoman bagi Anda jika pada praktiknya warga menarik biaya sewa lebih.

Satu lagi, harga sewa motor dan mobil itu sudah termasuk biaya bahan bakar. Jadi pastian bahan bakar penuh sebelum anda menggunakan kendaraan tersebut untuk berkeliling.

3. Destinasi "murah meriah"

Ada banyak destinasi wisata yang dapat anda kunjungi di Pulau Nusa Penida. Namun jika anda berencana berlibur dalam waktu sehari saja, anda dapat mengunjungi lokasi-lokasi terdekat dari Pelabuhan BAnjar Nyuh yang menawarkan pemandangan yang apik.

Anda dapat mengunjungi objek wisata Raja Lima atau kerap disebut warga sekitar sebagai Molenteng. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit menuju lokasi itu. Biaya masuk hanya Rp 5.000 saja per orangnya.

Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Wisata alam Raja Lima atau Rumah Pohon Molenteng yang terletak di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018).

Di sana Anda dapat berfoto rumah pohon dengan latar belakang pemandangan laut dan batuan karst yang sangat cantik.

Atau anda dapat juga mengunjungi Pantai Atuh dan Pantai Diamond yang lokasinya berdekatan dengan Raja Lima. Birunya laut yang dihiasi dengan pasir putih, hingga tebing batu pasti akan membuat liburan Anda sangat menyenangkan.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Atuh dan Pantai Diamond, anda hanya akan dipungut biaya Rp 5.000 saja untuk tiap orangya.

4. Maksimalkan Kunjungan

Setiap destinsi wisata di Pulau Penida memiliki banyak spot menarik. Tak perlu banyak berpindah lokasi, Anda akan banyak menemukan tempat berfoto dan menikmati keindahan alam di setiap lokasi wisata.

"Jadi satu lokasi saja kalau kita mau kelilingi, banyak sekali spot yang pemandangannya sangat bagus. Jadi enggak masalah menghabiskan waktu lama di satu titik," kata Putu.

Seperti perjalanan Kompas.com pada Minggu lalu. Di Raja Lima saja kami dapat menemukan lebih dari lima spot cantik untuk berfoto. Karena kawasanya cukup luas dan menarik, berada dalam waktu cukup lama di lokasi tersebut terasa tak membosankan.

Dengan memaksimalkan kunjungan, tentunya bujet yang Anda keluarkan akan lebih dapat diminimalisir.

5. Siapkan perlengkapan

Suhu udara di Pulau Penida sangat panas di siang hari. Jadi jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit anda dari panas matahari, pakaian, serta alas kaki yang nyaman.

Hal yang tak kalah penting adalah bawalah selalu persediaan air minum. Harga minuman di tempat wisata semacam ini tentunya cukup mahal. Membawa persediaan minum sendiri akan menghemat pengeluaran.

Jika memungkinkan, anda juga dapat membawa makanan ringan atau berat sendiri agar tak perlu membeli di tempat wisata.

6. Berusahalah tepat waktu

Tepat waktu merupakan salah satu kunci liburan hemat di Pulau Nusa Penida. Pasalnya, jika anda terlambat datang ke pelabuhan karena tak memperhitungkan waktu berkeliling, bisa-bisa anda tertinggal jadwal penyeberangan fast boat.

Jika Anda terlambat pada jadwal penyebrangan terakhir fast boat, anda harus menunggu jadwal penyeberangan di hari berikutnya.

"Kalau terlambat bisa jadi harus menginap di pulau. Di pulau ada beberapa penginapan dengan harga berkisar antara Rp 200.000 hingga 300.000 per malam. Tapi kalau pesannya mendadak belum tentu ada juga tempat untuk menginap," ujar PUtu.

Dengan memperhatikan sejumlah tips ini, diharapkan liburan Anda lancar, menyenangan, dan tentunya lebih hemat. Selamat berlibur!



Close Ads X