Denpasar Peringkat 9 Kota Tersehat Dunia, Lampaui New York dan Milan - Kompas.com

Denpasar Peringkat 9 Kota Tersehat Dunia, Lampaui New York dan Milan

Kompas.com - 14/01/2019, 12:22 WIB
Penjor berjajar rapi di setiap rumah di Kota Denpasar. KOMPAS.com/SRI LESTARI Penjor berjajar rapi di setiap rumah di Kota Denpasar.

KOMPAS.com — Bali kembali menuai prestasi di kancah pariwisata internasional setelah meraih urutan kedua sebagai pulau terbaik di dunia versi majalah Travel+Leisure pada 2015.

Kali ini, Bali, tepatnya Kota Denpasar, masuk 10 besar sebagai kota terbersih di dunia versi situs layanan perjalan, Travel Supermarket.

Dilansir data travelsupermarket.com, Kota Denpasar mendapatkan urutan ke-9 dengan perolehan 24,69 poin.

Angka inilah yang membuat Denpasar berada di atas Kota Buenos Aires (Argentina), Copenhagen (Denmark), dan Milan (Italia). Ada juga tiga kota di AS, seperti Washington DC, New York, dan Las Vegas yang berada di bawah Denpasar.

"Pengakuan healthiest Cities memiliki nilai penting bagi Denpasar dan Bali secara menyeluruh. Sebab, hal ini menegaskan status Bali sebagai kota ternyaman," ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani Mustafa saat dihubungi Kompas.com pada Senin (14/1/2019).

"Sebagai destinasi dunia, Denpasar dan Bali sangat layak dikunjungi. Untuk itu, pastikan Bali tetap sebagai destinasi utama tahun 2019 ini," ujar Rizki.

Baca juga: Saat Abdul Idol Manggung di Pesawat Garuda Rute Cengkareng-Denpasar

Aspek penilaian

Sementara penilaian yang dilakukan oleh Travel Supermarket berdasarkan dari delapan aspek, seperti spa, gym and fitness centres, yoga and pilate centres, hingga health food shops.

Ada juga aspek vegan option restaurants, parks (green space), average sunlight hours, dan cost of night stay.

Kota Denpasar juga menawarkan beberapa pengalaman "sehat" yang bisa dijajal para wisatawan, mulai dari arung jeram, trekking, hingga menikmati sunrise dan sunset.

Pihak Travel Supermarket merangkum beberapa informasi dengan acuan pasokan data berasal dari TripAdvisor, Yelp, Euromonitor, dan World Weather and Climate.

"Data yang digunakan pasti memiliki kapabilitas tinggi. Menggambarkan kondisi riil dari kota-kota itu. Dan Denpasar ini memang memiliki fasilitas lengkap, sesuai dengan kebutuhan para wisatawan dunia," ujar Rizki.

"Secara kualitas juga luar biasa. Dengan pengakuan dari travelsupermarket.com ini, arus masuk wisman akan semakin besar," kata dia.

Selain itu, Denpasar dan Bali menjadi spot terbaik untuk bersantai karena ada lebih dari 118 spa terbaik, 9 fasilitas gym and fitness centres, dan 14 lokasi yoga and pillates centres yang berkualitas.

Untuk aspek lain, Denpasar memiliki 1.123 vegan option restaurants yang tersedia empat taman (ruang terbuka hijau) untuk menyejukan hari.

Sementara cost of night stay rata-rata dibanderol sekitar Rp 452.565 per malam.

Baca juga: Sejuknya Wisata Mangrove di Denpasar Tak Kalah dengan Pantainya

Jakarta urutan ke-25

Selain Denpasar, Jakarta juga tergabung dalam 50 besar kota terbersih di dunia versi Travel Supermarket. Jakarta masuk di urutan ke-25.

Perlu diketahui, Jakarta memiliki 14 gym and fitness centres, 10 yoga and pillate centres, 179 spot vegan option restaurants, 14 taman dan ruang terbuka hijau, dan cost of night stay mencapai Rp 724.104 per malam.

Tak hanya itu, prestasi ini membuat Menteri Pariwisata, Arief Yahya terkagum-kagum.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia tetap menjadi destinasi terbaik dunia dengan bukti Kota Denpasar dan Kota Jakarta memiliki posisi bagus sebagai Kota Tersehat Dunia.



Close Ads X