Catat! Kondisi Ketel Listrik Bisa Jadi Indikator Kebersihan Kamar Hotel

Kompas.com - 13/03/2019, 15:09 WIB
Ketel listrik pembuat kopi dibkamar hotel.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Ketel listrik pembuat kopi dibkamar hotel.

KOMPAS.com – Kebersihan kamar tentu menjadi salah satu pertimbangan utama Anda dalam memilih hotel. Kebersihan kamar juga akan menentukan kualitas istirahat Anda selama berpergian untuk keperluan liburan, bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk mengecek kebersihan kamar, apa yang pertama kali Anda lakukan? Mungkin sebagian besar orang akan meneliti kondisi tempat tidurnya, kamar mandi, hingga debu-debu yang mungkin menempel pada perabotan kamar hotel.

Namun tahukah Anda, ada cara sederhana namun cukup akurat untuk memastikan apakah kamar hotel yang akan Anda tempati benar-benar bersih.

Dikutip dari www.wellandgood.com, koresponden internasional Business Insider Harrison Jacobs mengatakan, mengecek kondisi ketel listrik pembuat kopi adalah cara yang ampuh untuk memastikan kebersihan kamar.

Baca juga: Barang yang Paling Sering Ketinggalan di Kamar Hotel

Tips ini Ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya menghabiskan sekitar 300 malam menginap di berbagai hotel yang ia sewa melalui aplikasi pemesanan Airbnb.

“Saya telah menemukan barometer kebersihan kamar hotel terbaik adalah pada pembuat kopi atau ketel listrik. Hampir setiap kamar hotel memiliki satu (ketel listrik) dan itu dapat memberi tahu banyak kepada Anda tentang betapa seberapa detail pihak hotel mengurus kebersihan kamar, ”ungkapnya.

Menurutnya, jika pihak hotel tak rutin membersihkan ketel itu dengan cuka lalu membilasnya dengan air panas, maka ketel akan menjadi cepat kotor dan warnanya akan menjadi kusam.

“Saya menemukan bahwa pembuat kopi dan ceret listrik sering diabaikan oleh pihak hotel-hotel tertentu,” lanjutnya.

Radha Phala UbudDok. Radha Phala Radha Phala Ubud

Senada dengan Harrison, Jason "The Germ Guy" Tetro, pembawa acara Super Awesome Science Show dan penulis The Germ Code juga berpendapat bahwa kondisi ketel listrik dapat menjelaskan mengenai pengaturan sanitasi hotel.

Meski demikian, menurutnya kondisi ketel listrik merupakan cara untuk melihat sistem pemeliharaan sanitasi dalam jangka panjang. Ada beberapa tips lain untuk mengetahui sistem pemeliharaan sanitasi kamar dalam jangka pendek.

“Saya sarankan Anda juga fokus pada aroma ruangan. Peyedot debu dan disinfektan akan meninggalkan bau khas yang mengindikasikan ruangan itu bersih. Namun jika Anda mengenali bau lain seperti jamur atau bau badan, Anda perlu mencari tau apakah ruangan itu benar-benar sudah dibersihkan,” paparnya.

Menurutnya hotel dengan harga tinggi belum tentu menjamin mengenai kebersihan kamar. Jadi bersikaplah kritis saat akan menempati sebuah kamar hotel agar Anda memperoleh kenyamanan yang maksimal.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X