4 Keindahan Alam Afrika, Ada Air Terjun hingga Pergunungan Bersalju

Kompas.com - 19/03/2019, 19:04 WIB
Keindahan Air Terjun Victoria di Negara Zambia. ShutterstockKeindahan Air Terjun Victoria di Negara Zambia.

KOMPAS.com – Saat mendengar kata Afrika, biasanya yang muncul di dalam benak adalah tempat yang gersang dengan sedikit hujan. Hal itu wajar karena Afrika memang memiliki Sahara sebagai gurun pasir terbesar di dunia.

Namun ternyata Afrika tidak hanya gurun semata. Ada banyak keunikan alam yang tersaji di Benua Hitam itu. Berikut ini 4 keindahan alam yang bisa ditemukan di Benua Afrika:

1. Air Terjun Victoria, Zambia

Anggapan jika Afrika merupakan benua yang kering ternyata tidaklah sepenuhnya benar. Sebaliknya, ada satu wilayah di Benua Hitam ini yang malah kaya air, yakni di Air Terjun Victoria yang berada di Negara Zambia.

Pelangi di Air Terjun Victoria di Negara Zambia.Shutterstock Pelangi di Air Terjun Victoria di Negara Zambia.
Air terjun ini tepatnya berlokasi di sungai Zambezi dan perbatasan Zimbabwe dan Zambia. Memiliki lebar 1.700 meter dan ketinggian sekitar 108 meter, Air Terjun yang aslinya bernama Mosi-oa-Tunya ini dua kali lebih tinggi dibanding Air Terjun Niagara.

Pesona air terjun ini semakin lengkap dengan padang sabana yang mengelilinginya. Di sana terdapat banyak aneka satwa khas Afrika seperti badak, kuda nil, dan singa.

2. Kepulauan Zanzibar

Meski berbentuk suatu benua besar, Afrika ternyata memiliki kepulauan. Tepatnya berada di Kepulauan Zanzibar, wilayah ini adalah surga tropis yang berada di lepas pantai Tanzania yang berada di kawasan Samudera Hindia.

Pantai di Negara Zanzibar.Shutterstock Pantai di Negara Zanzibar.
Pesona keindahan tropis begitu terasa di sini, berupa pantai keemasan, birunya langit, dan pohon palem yang berayun dibelai angin. Total ada empat pulau utama di sini, yakni Unguja, Pemba, Mafia, dan Kepulauan Latham yang tidak berpenghuni.

Selain itu, ada pula pulau-pulau kecil yang berada di wilayah ini. Tak hanya menawarkan keindahan, terdapat satu kota di Unguja yang bersejarah. Kota Zanzibar itu dulunya berhubungan dengan sejarah perdagangan rempah dan budak pada abad ke-19.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X