H-1 Minggu, Pemesanan Tiket dan Hotel untuk Mudik Meningkat Drastis

Kompas.com - 16/05/2019, 20:05 WIB
Sejumlah pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen diperkirakan jatuh pada 13 Juni 2018 atau H-2 Idul Fitri.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/6/2018). Puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen diperkirakan jatuh pada 13 Juni 2018 atau H-2 Idul Fitri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda tipe pemudik yang gemar mepet memesan tiket atau hotel? Tampaknya Anda tidak sendiri. Data dari agen perjalanan online Pegipegi mengungkapkan, H minus tujuh hari sebelum Lebaran ternyata banyak orang yang mencari tiket pesawat atau hotel.

"Data dari tahun sebelumnya minat pencarian tiket dan pesawat H-7 Lebaran ini meningkat drastis. Biasanya juga karena THR baru keluar makanya signifikan," kata Corporate Communications Manager Pegipegi, Busyra Oryza diacara peluncuran kampanye #MudikDapetBerkah Pegipegi, Green House, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Selama periode Lebaran, pemesanan hotel di kota-kota besar menurut Busyra juga meningkat. Contohnya di Jakarta, ternyata banyak warga Jakarta selama Lebaran memilih untuk staycation atau berlibur di hotel.

Baca juga: Destinasi Domestik Paling Terimbas Harga Tiket Pesawat Mahal

Sedangkan untuk destinasi dengan pemesanan tiket pesawat dan hotel paling meningkat drastis, Pegipegi mencatat ada Makassar (74 persen), Surabaya (48 persen), Medan (24 persen), Yogya (21 persen), dan Padang (20 persen).

"Untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat untuk membuka aplikasi Pegipegi, cari tiket mudik dengan berbagai fitur dan promo. Di samping itu juga otomatis berbagi kebahagiaan dengan sederhana," kata Head of Business Development & Strategic Partnership Pegipegi, Ryan Kartawidjaja.

Ramadhan 2019 ini, Pegipegi meluncurkan kampanye MudikDapetBerkah dengan memberi diskon tiket pesawat dan hotel, fitur tambahan untuk online check in, pembatalan tiket pesawat, asuransi, dan cicilan. Dari transaksi pengguna Pegipegi juga akan disisihkan untuk donasi ke Rumah Zakat.

Data dari Kementerian Perhubungan memprediksi tahun ini ada 18,29 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Dengan jumlah penumpang pesawat diperkirakan 5,78 juta orang naik 3,2 persen dari tahun sebelum, dan penumpang kereta 6,45 juta orang naik 3,4 persen dari tahun sebelumnya.




Close Ads X