Indonesia Inisiasi Pameran Dagang, Investasi, dan Pariwisata Pacific Exposition 2019

Kompas.com - 17/05/2019, 19:10 WIB
Sebagai kota, Auckland, Selandia Baru, menampilkan pelabuhan sebagai salah satu wajah kota, Sabtu (7/5/2016) lalu. Tak hanya untuk kepentingan komersil, pelabuhan juga digunakan sebagai ruang publik terbuka. KOMPAS/MADINA NUSRATSebagai kota, Auckland, Selandia Baru, menampilkan pelabuhan sebagai salah satu wajah kota, Sabtu (7/5/2016) lalu. Tak hanya untuk kepentingan komersil, pelabuhan juga digunakan sebagai ruang publik terbuka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menginisiasi Pacific Exposition, pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik. Pameran ini didukung sepenuhnya oleh Selandia Baru dan Australia, dan akan berlangsung dari tanggal 12 - 14 Juli 2019 di Skycity, Auckland, Selandia Baru.

Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Tantowi Yahya menjelaskan, Pacific Exposition adalah manifestasi dari keinginan untuk meningkatkan presensi di kawasan yang selama ini belum mendapatkan perhatian penuh.

Berbagai produk dan peluang investasi serta keelokan masing-masing negara akan dipamerkan selama tiga hari di pameran paling komprehensif yang pernah diadakan ini.

"Dengan berbagai atraksi dan pertunjukan yang akan kami gelar sepanjang Expo, kami targetkan paling sedikit 5.000 pengunjung akan hadir di Skycity, tempat Expo diselenggarakan," jelas Tantowi sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (17/5/2019).

Baca juga: Kampanye Pariwisata Wonderful Indonesia Jadi yang Terbaik di Asean

Indonesia dalam pameran ini akan diwakili oleh lima provinsi yakni Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT.

"Identitas kepasifikan Indonesia akan kita tonjolkan. Itulah mengapa ke lima provinsi tersebut yang kita pilih untuk mewakili Indonesia," jelas Tantowi yang selama ini aktif dan intens meningkatkan presensi Indonesia di kawasan ini.

Selain pameran, Pacific Exposition akan diselenggarakan Forum Bisnis berupa seminar perdagangan dan investasi yang membahas mengenai kebijakan, peluang dan insentif di masing-masing negara yang akan disampaikan oleh pejabat pemerintah dan tokoh bisnis dari masing-masing negara. Dari Indonesia diwakili Kepala BKPM dan Ketua Kadin.

Baca juga: Pariwisata Indonesia Dipromosikan Lewat Tik Tok

Rangkaian acara di Pacific Exposition ini akan diawali dengan Tourism Forum tanggal 11 Juli berupa seminar pariwisata dengan tema besar "Menuju Pasar Tunggal Pasifik" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Menteri Arief Yahya akan tampil sebagai pembicara kunci. Pameran ditutup oleh Seminar Budaya Pasifik yang akan menampilkan Menteri PMK, Puan Maharani sebagai pembicara kunci.

Sampai saat ini sudah 16 dari 18 negara di Pasifik menyatakan kepastiannya untuk ikut serta di Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru. Negara-negara tersebut adalah Australia, Caledonia Baru, Cook Islands, Federated States of Micronesia, Fiji, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Nieu, Palau, Papua Nugini, Samoa, Selandia Baru, Solomon Islands, Tuvalu dan Indonesia sendiri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X