Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2019, 16:27 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pamor Korea Selatan belakangan memang sedang naik akibat dunia hiburannya yang banyak peminat, sebut saja K-POP dan K-Drama. Dampaknya, banyak orang ingin mengunjungi negeri ginseng tersebut, terutama ke kota Seoul.

Di kota Seoul, terdapat tempat wisata belanja yakni Insadong. Berikut 5 tips berbelanja di Insadong, Seoul, Korea Selatan seperti dikutip dari Breaking Travel News.

1. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Sebelum berbelanja, penting bagi Kamu untuk mempersiapkan diri agar aktivitas bisa berjalan lancar dan sesuai rencana. Dalam hal ini, bawa uang tunai yang cukup, dan disarankan membawa uang receh.

Selain itu, pastikan Kamu memiliki dan memeriksa panduan perjalanan Insadong. Di sana ada semacam tour guide lokal yang akan membantu Kamu membuat perencanaan perjalanan.

2. Kunjungi Banyak Toko

Berkeliling mengunjungi toko bertujuan supaya mendapat barang yang sesuai dengan pilihan Kamu. Selain itu, manfaat lain dari mengunjungi banyak toko, Kamu bisa membandingkan harga agar kantungmu tak terlalu terkuras.

Baca juga: 10 Obyek Wisata Teropuler di Korea Selatan Tahun 2018

Mengunjungi banyak tempat di Insadong juga akan memberi Kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dan belajar lebih banyak tentang budaya. Kamu akan menjalin pertemanan baru.

3. Beristirahat

Berjalan-jalan untuk waktu yang cukup lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikis. Karenanya, penting untuk beristirahat ataupun mengatur napas sejenak.

Beristirahat juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan jika sambil meminum kopi di kafe atau makan siang di restoran setempat. Selain itu, cicipi juga makanan khas Korea yang lezat dan menggugah selera.

4. Pergi di Akhir Pekan

Salah satu pusat informasi turis di Insadong, Seoul, Korea Selatan. KOMPAS.com/APRILLIA IKA Salah satu pusat informasi turis di Insadong, Seoul, Korea Selatan.

Insadong adalah tempat yang cukup populer di Korea dan sebagian besar masyarakat lokal memenuhi jalanan, baik pengendara mobil maupun pejalan kaki.

Untuk menghindari hiruk-pikuk saat berbelanja, disarankan untuk pergi selama akhir pekan. Selain itu, mobil juga tidak diperbolehkan berada di jalanan pada sore hari sehingga memberi Kamu banyak ruang dan kebebasan untuk berbelanja.

5. Nikmati Pengalamannya

Jalan-jalan di negeri orang, terutama di Korea harus penuh semangat karena banyak budaya menarik yang bisa Kamu ikuti. Jangan hanya mengandalkan uang untuk berbelanja oleh-oleh.

Selingi kegiatan belanja Kamu dengan mengambil foto, berinteraksi dengan orang di jalan, dan yang paling penting jangan terburu-buru. Kalau perlu, ajak teman Kamu untuk melakukan kegiatan tersebut agar pengalaman menjadi tak terlupakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com